Soal Paksa Jemaah Sedekah, Yusuf Mansur: Saya Bosan Jadi Orang Miskin

Ustaz Yusuf Mansur.
Sumber :
  • IG @yusufmansurnew

VIVA – Yusuf Mansur sempat viral beberapa hari lalu usai videonya marah-marah beredar di dunia maya. Diduga Yusuf emosi terkait kelangsungan bisnis Paytren yang dibangunnya.

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Selain itu, Yusuf juga dikenal sebagai ustaz yang kerap mendorong jemaahnya bersedekah. Di beberapa video yang juga viral, Yusuf Mansur tak segan meminta jemaahnya menyedekahkan uang, perhiasan hingga kendaraan yang dipakai para jemaah.

Banyak yang menyebut cara Yusuf Mansur meminta jemaahnya menyedekahkan perhiasan hingga kendaraan berlebihan dan terkesan memaksa. Lantas, saat hadir menjadi bintang tamu di talkshow yang dipandu Hotman Paris dan Melaney Ricardo, ustaz itu pun dimintai penjelasannya soal hal itu.

Jemput Lailatul Qadar, Lazis NU Pesanggrahan Ajak Sedekah Yatim Duafa

"Banyak yang mengatakan bahwa ceramah ustaz ini isinya selalu meminta jemaah, konon kabarnya, untuk bersedekah tapi dengan cara yang "push" yaitu memaksa, pendapat masyarakat ini seperti apa yang sebetulnya?" tanya Melaney.

Yusuf Mansur tak langsung menjawab, tapi dia sebelumnya memberi pengumuman kepada penonton bahwa jika ada yang merasa ada yang uangnya belum dilunasi Yusuf Mansur, bisa mendatangi Hotman Paris.

Punya Utang Tapi Nekat Bagi-bagi THR ke Saudara, Buya Yahya: Cuma Pengen Disanjung

"Nanti Abang yang ngomong ke saya. Kalau saya nggak bayar baru deh laporin. Tapi syaratnya bener dong. Jangan ngaku-ngaku doang," kata Yusuf.

Ustaz Yusuf Mansur

Photo :
  • dok.ist

Kemudian, barulah Yusuf Mansur menyinggung soal sedekah. Dia pun memulai dengan menceritakan bahwa dia dulu sudah bosan menjadi miskin.

"Yang kedua ini bab sedekah. Saya ini dulu bosan jadi orang miskin. Bosan jadi orang susah. Gak enak banget jadi orang miskin," ujarnya.

"Dulu orang susah berkat bersedekah terangkat segala sesuatunya," tegas Melaney.

"Ini kan maksanya bukan nyopotin lho Bang," kata Yusuf Mansur.

"Jadi kekayaan bapak itu sumbernya dari apa? Dari bisnis dari mana?" tanya Hotman.

"Ya bisnis asli. Kita ada bisnis food, ada beverage, hotel, ada travel," jawab Yusuf.

Yusuf Mansur

Photo :
  • dok.ist

"Sumbernya darimana dulu duitnya?" tanya Hotman lagi.

"Ya sumber halal lah. Misalkan putri saya Wirda jualan kosmetik, anak sekecil itu aja transaksinya udah lumayan nah dari situ ada," kata Yusuf Mansur.

"Ada aja Bang, kalau orang ahli sedekah, kalau orang sering ngeluarin duit buat orang lain, itu percaya sama saya ada aja rizkinya," tambah Yusuf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya