Narkoba, Syirik Hingga Sakit, Kisah Hijrah Gary Iskak Jadi Perhatian

Gary Iskak
Gary Iskak
Sumber :
  • IG @iskak_gary

VIVA – Gary Iskak kembali terjerat narkoba. Dia ditangkap polisi di kawasan Pasir Putih, Bandung, Senin 23 Mei 2022. Kabar ini mengejutkan publik karena aktor tersebut diketahui sudah hijrah.

Perjalanan Gary Iskak kembali ke jalan Allah sempat diungkap oleh salah seorang sahabatnya, Chef Haryo. Mengingat perjalanan Gary bangkit dari keburukan, membuat Chef itu tak kuasa menahan air mata.

"Dan yang luar biasanya, sebenarnya ini gak boleh diomongin, tapi seorang Gary yang bad boy, yang kita kenal anak nakal, dia bisa menjalankan puasa Daud selama 2 tahun. Puasa Daud itu sehari puasa, sehari gak," ungkap Chef Haryo dalam sebuah tayangan televisi beberapa tahun lalu.

Bahkan, Chef Haryo melanjutkan, karena puasa itu Gary mengaku ditunjukkan jalan yang benar.

"Apa yang terjadi ketika kita ke kiri, berantakan, hancur, atau kecelakaan atau apa. Jadi, seperti ada yang menuntun," lanjut dia menceritakan tentang Gary.

Chef Haryo juga mengungkap kalau dahulu Gary sempat terjerumus pada hal-hal syirik seperti mempercayai jimat dan benda klenik lainnya.

Gary Iskak

Gary Iskak

Photo :
  • Aiz Budhi/VIVA

"Jadi memang dia adalah orang yang sangat mengejar duniawi. Dia itu gini, dosa masa lalunya kan syirik kecil, jadi suka main jimat, jenglot, batu-batu. Dia tertarik dengan itu dan memang di dunia sihir itu ada. Kemudian dia timbul banyak sekali kegagalan-kegagalan hidup terutama finansial, keluarga dan kekacauan hidup dari musyrik kecil itu," katanya.

Chef Haryo kemudian terisak mengingat bagaiman Gary bisa tersematkan dan Allah membuka hatinya.

Selain kisah hijrah, perjuangan Gary melawan sakit juga sempat menjadi perbincangan hangat. Saat itu, suami Richa Novisha itu divonis mengidap penyakit liver dan hepatitis C.

Dia pun sempat terbaring di rumah sakit bahkan sempat beredar hoax dia sudah meninggal."Sebenarnya liver hepatitis C dari dulu udah ada. Mungkin akumulasi jaman dulu semua drugs, minuman pernah gue cobain. Begitu berhenti prosesnya sekarang yang gue jalanin. Jadi berat juga," kata Gary Iskak dalam tayangan YouTube Arie Untung.

Ujian sakit itulah yang membuat Gary mengaku mendapat banyak hikmah. Salah satunya hijrah dan mendalami Islam.

Garry Iskak

Garry Iskak

Photo :
  • Ist

"Satu penggugur dosa ya itu yang paling bersyukur, tapi untuk berucap syukur ternyata kan orang-orang bilang tuh kalau sakit kita justru harus ternyata susah ya, waduh gimana kalau kita saat itu dipanggil ke Rahmatullah gak bisa nyebut, waduh. Itu sebenernya hikmah itu yang harus gue pelajari, gue harus lebih dalam lagi mendalami Islam. Karena di saat dicoba gitu malah gak keluar, malah nge-blank," kata Gary Iskak.

Selama dirawat di rumah sakit pada Juni 2021, ada momen di mana dia merasa akan meninggal. Lantaran saat itu dia sudah merasa tidak ada di tempat.

"Udah (merasa sempat selesai) karena pas di UGD selang semua masuk napas udah susah dikit banget kayaknya udah ngeliatnya bukan di situ, kayak ya udah lah. Tapi ya semangat lah," ungkap Gary Iskak.