Keren! Marshanda Ciptakan Batik Motif Gelombang Otaknya di Hari Kesehatan Mental Dunia

Marshanda
Sumber :
  • NUVOLA/VIVA.co.id

VIVA Showbiz – Hari Kesehatan Mental Dunia jatuh pada tanggal 10 Oktober 2022. Kesehatan mental memang sedang menjadi permasalahan yang penting dan membutuhkan perhatian lebih di berbagai penjuru dunia. 

Anaknya Disebut Mirip dengan Ibu Sambung, Ini Kata Marshanda

Dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Mental Dunia 2022, aktris Marshanda yang telah lama didiagnosa menderita Bipolar Disorder menghasilkan sebuah karya yang mengagumkan. Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Wanita yang akrab disapa Caca itu membuat kain batik yang motifnya dibuat dari bentuk gelombang otaknya. Motif batik tersebut lantas menjadi satu-satunya yang ada di dunia karena diangkat dari kondisi kesehatan mental Marshanda.

Saat Ibu Negara Beli Batik dan Gelang di UMKM Mitra Binaan Pertamina

"Cantik banget ya batiknya. Kamu pasti belum pernah lihat motif ini sebelumnya, karena motif ini cuma ada satu di dunia dan datangnya dari diri aku. Dari brainwavenya aku," kata Marshanda, dalam video yang diunggah akun Instagram @tiktokofficialindonesia, Senin 10 Oktober 2022.

Bagai Kembaran, Deretan Ibu dan Anak Seleb Ini Seperti Pinang di Belah Dua

Didiagnosa mengalani Bipolar Disorder membuat Caca sering kali melakukan hal yang mengkhawatirkan. Terakhir kali, ia sempat menghilang di Amerika Serikat karena diduga penyakitnya itu sedang kambuh.

Lewat karyanya kali ini, Marshanda ingin menunjukan bahwa isi pikirannya tidak semenakutkan yang dibayangkan oleh orang lain. 

"Lewat batik ini aku bisa tunjukkan kalau isi pikiranku itu ngga menakutkan dan bisa jadi indah. Sangat beda dengan stigma negatif yang ada," jelas Marshanda.

Marshanda

Photo :
  • IG @marshanda99

Dihimpun dari berbagai sumber, Bipolar Disorder merupakan suatu gangguan yang berhubungan dengan perubahan suasana hati mulai dari posisi terendah depresif/tertekan ke tertinggi/manik.

Penyebab pasti gangguan bipolar tidak diketahui, namun kombinasi genetika, lingkungan, serta struktur dan senyawa kimia pada otak yang berubah mungkin berperan atas terjadinya gangguan.

Marshanda ingin menunjukan pada dunia melalui batik ciptaannya ini tentang hal yang sebelumnya tidak bisa dilihat oleh orang lain, yaitu bentuk gelombang pikirannya.

"Dan sekarang kalian bisa melihat apa yang selama ini tidak bisa kalian lihat. Aku marshanda, aku terdiagnosa bipolar disorder," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya