Benyanyi Gunakan Pakaian Adat, Alfin Habib Setuju Rencana Nadiem Makarim

Alfin Habib
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Beberapa waktu lalu muncul Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah tentang pakaian adat. Hal ini disambut beragam oleh masyarakat, salah satunya penyanyi Alfin Habib.

Selamat! Stephanie Poetri, Anak dari Titi DJ Umumkan Telah Bertunangan

Ia setuju dengan peraturan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim tentang menggunakan pakaian daerah tersebut. Mengapa demikian? Scroll selanjutnya ya.

"Sangat setuju tentunya ,karena bagaimanapun budaya harus tetap kita junjung meskipun boleh dikata zaman sudah semakin maju dan modern," ujar Alfin Habib saat ditemui baru-baru ini.

Viral! Turis AS Kagum dengan Stasiun dan KRL Jakarta, Sebut Lebih Baik Dibandingkan Subway New York

Alfin Habib

Photo :
  • ist

Menurutnya, hal ini salah satu cara untuk mendorong budaya Indonesia dikenal oleh generasi muda. Ia tidak mau generasi selanjutnya lebih mengenal budaya luar negeri dibanding negara sendiri.

Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju dan Bisa Membantu Sesama

"Sudah pasti efektif ,memang harus dikenalkan sejak dini ,jangan sampai anak-anak kita nantinya lebih mengenal budaya luar ketimbang budaya nya sendiri," katanya.

Menurutnya mengenakan baju adat tidak akan menghambat aktivitas pelajar. Namun ada berbagai cara yang bisa digunakan utnuk mempermudah itu. Mislanya dengan mengenakan beberapa ornamen yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Alfin Habib

Photo :
  • IG @da3_alfinh

"Kita bisa memanfaatkan kain adat khas kedaerahan untuk menjadi bahan baku pakaian yg bisa kita gunakan sehari hari sesuai kebutuhan tentunya. Semisal kemeja atau topi, peci, tengkuluk dan lain-lain yang bisa kita buat dari bahan batik atau songket atau kain adat kedaerahan lainnya," katanya.

Alfin Habib tidak hanya setuju dengan hal itu. Ia sudah mempraktekan untuk menggunakan pakaian adat atau ornamennya dalam setiap penampilan di atas panggung.

"Sejauh ini ketika perform aja yang habib gunakan kostum yg berbau adat melayu. Kalau untuk sehari hari  kadang sesekali memakai Tshirt atau kemeja dari bahan batik khas medan atau pun tengkuluk," ujarnya. 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya