Aiptu Warsito, Sosok Kusir Kereta Pengantin Kaesang dan Erina Gudono

Aiptu Warsito, kusir kereta pengantin Kaesang-Erina.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Showbiz – Prosesi kirab dan resepsi pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono rencananya akan digelar pada Minggu, 11 Desember 2022 mendatang. Sebelumnya pada Sabtu, 10 Desember 2022, keduanya akan melangsungkan akad nikah di Sleman, Yogyakarta. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Saat kirab nanti, Kaesang dan Erina akan menaiki kereta kuda, dan memulai perjalanan dari kediaman dinas Walikota Solo Loji Gandrung, menyusuri jalan protokol dan sampai di Pura Mangkunegaran Surakarta.

Aiptu Warsito, kusir kereta pengantin Kaesang-Erina.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Nah, salah satu yang menarik perhatian adalah siapa kusir yang dipercaya menjalankan kereta kuda tersebut. Dan ternyata sosok kusir tersebut adalah Aiptu Warsito, anggota kepolisian yang sehari-harinya menjadi petugas bhabinsa atau Pak Bhabin di Polsek Kesugihan, Polresta Cilacap Jawa Tengah.

Dipilihnya sosok Aiptu Warsito sebagai kusir kereta Kaesang-Erina ternyata punya alasan yang kuat. Pasalnya, Aiptu Warsito sejak kecil sudah akrab dengan kuda di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang merupakan kampung halamannya.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

"Kebetulan kan keluarga saya mempunyai kuda dan delman, sehingga saya juga terbiasa merawat kuda sekaligus menjadi kusir dokar yang diajari bapak saya," ungkap Warsito.

Gladi kirab pengantin Kaesang dan Erina.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

Aiptu Warsito sudah sering menjalankan kereta saat mengikuti even besar di antaranya Festival keraton Nusantara di Yogyakarta, Solo dan Cirebon. Juga acara Kirab Jumenengan Dalem PB X dan pernikahan putra dalem PB X, serta berbagai acara lainnya.

Aiptu Warsito mengatakan, dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan disiapkan 12 kereta kuda untuk acara kirab tasyakuran.

"Khusus kereta kuda untuk pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda. Sedangkan yang sebelas kereta, masing-masing akan ditarik oleh dua ekor kuda. Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabat saya," jelas Warsito.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya