Jalur Kirab Kaesang-Erina Steril Kendaraan Sejak Subuh, Car Free Day Tetap Buka

Jalur Kirab Kaesang-Erina sudah steril dari kendaraan
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Showbiz – Hari ini, Minggu 11 Desember 2022, prosesi adat dan kirab pernikahan Kaesang-Erina digelar. Prosesi adat dilakukan di kediaman dinas Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung.

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Sementara itu, kirab akan dilakukan menempuh rute Loji Gandrung-Pura Mangkunegaran melintasi Jalan Slamet Riyadi.

Pantauan di lapangan, sejak jam 05.00 WIB, jalur kirab sudah disterilkan dari lalu lintas kendaraan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Momen Meriah Prosesi Kirab Dugderan di Semarang Meski Diguyur Hujan

Untuk sementara kendaraan yang menuju Pura Mangkunegaran dialihkan melalui jalur yang diatur oleh kepolisian lalu lintas Polda Jateng dan Polres Surakarta.

Jalan Slamet Riyadi yang menjadi rute kirab utama sudah lengang. Hanya kendaraan pengantar tamu dan petugas yang boleh masuk, tapi setelah menurunkan penumpang diminta geser ke kantong parkir.

Warga Jateng Serukan Pilih Prabowo, Tak Suka yang ‘Omon-omon’

Ratusan petugas TNI dan Polri berseragam batik, tampak berjaga di tepi jalur kirab serta menutup sementara jalan pertigaan yang berhubungan dengan Jalan Slamet Riyadi.

Meski jalan ditutup, tapi para pedagang makanan dan lain-lain yang biasa berjualan di Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi tetap bisa membuka lapak.

Jalur Kirab Kaesang-Erina sudah steril dari kendaraan

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Meski rute dipakai kirab, tapi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tetap membuka Car Free Day seperti biasanya sehingga warga tetap bisa berjualan.

Mereka hanya diminta bergeser 50 meter dari Loji Gandrung yang disterilkan. Prosesi adat dan kirab Kaesang-Erina menurut jadwal dimulai pada pukul 07.15 WIB.

Berikut rangkaian prosesi adat, kirab, hingga resepsi pernikahan Kaesang-Erina:

1. Pukul 07.15 WIB, tata cara pasrah panampi boyong temanten sekalian. Dilanjutkan tata cara adat gepyokan (adat Jawa ) dan minum air putih/air zam-zam. Kemudian memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian dan menuju pelaminan.

2. Pukul 07.40 WIB, tata cara pangabekten/sungkeman. Dialnjutkan tata cara tumplak punjen (adat Jawa). Kemudian prosesi nyebar udik-udik yaitu menabur beras dan uang.

3. Pukul 08.00 WIB. Begalan/membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain (adat Jawa).

4. Pukul 08.15 WIB. Kirab pengantin sekalian dengan Kereta Kencana dari Lodji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya