Heboh Deva Mahenra-Mikha Tambayong Gelar Pernikahan Beda Agama, Begini Kata Habib Jafar

Mikha Tambayong dan Deva Mahenra.
Sumber :
  • Instagram @miktambayong

VIVA Showbiz – Pernikahan pasangan Deva Mahenra dan Mikha Tambayong sampai saat ini masih menjadi sorotan publik di media sosial. Mengetahui bahwa Deva dan Mikha menganut agama berbeda, jelas membuat warganet Indonesia semakin penasaran. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Apalagi soal apakah salah satu dari mereka ada yang pindah agama atau malah menikah dengan agama berbeda. Perdebatan soal nikah beda agama membuat salah satu video perbincangan Enzy Storia, Hesti Purwadinata dan Habib Jafar kembali mencuat. 

Dalam video yang dirilis pada Oktober 2021 itu, Enzy Storia sempat melontarkan pertanyaan soal nikah beda agama kepada Habib Jafar. Langsung saja, Habib Jafar pun memberikan penjelasan mengenai nikah beda agama sesuai ajaran Al Quran

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Mikha Tambayong dan Deva Mahenra

Photo :
  • Instagram @miktambayong

"Kalau nikah beda agama, menurut habib gimana?," tanya Enzy dalam akun YouTube KUY Entertainment.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

"Pada dasarnya kalau yang cewek muslim, itu sudah nggak boleh, jelas dalam Al-Quran. Tidak boleh (menikah) beda agama. Kalau cowok yang muslim, ceweknya non muslim, Quran memperbolehkan. Asalkan non muslimnya itu ahlul kitab, kalau nggak yahudi, nasrani," jawab Habib Jafar.

Meski demikian, Habib Jafar kembali memberikan pertanyaan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Ia bahkan mengatakan bahwa sebaiknya pernikahan beda agama dihindari. 

"Tapi kemudian ulama ada yang menyatakan bahwa, karena keduanya ini sudah dinilai berubah dari akar-akar nilai agamanya, maka kemudian tidak memperbolehkan. Sebagian tetap memperbolehkan, tapi ya kalau bisa dihindari," paparnya.

Husein Ja’far Al Hadar atau Habib Jafar

Photo :
  • IG @husein_hadar

Bukan tanpa sebab, Habib Jafar sendiri mengaku sulit untuk menyamakan perbedaan antara dirinya dengan pasangan, meski sama-sama menganut agama Islam. Tapi, dia meyakini bahwa ketulusan cinta bisa menjadi cahaya yang menuntun untuk mendapatkan jalan keluar. 

"Karena gue sama istri, sama-sama Habib, ngurusin perbedaan yang kecil-kecil aja ribet banget. Artinya, daripada sulit, dihindari saja. Tapi kalau cinta lo tulus, nanti akan mendapatkan jalan keluarnya. Kalau kedua orang mempunyai cinta yang tulus, cinta ini akan menjadi jalan penerang," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya