Pesan Marshanda Buat Jaga Kesehatan Mental: Jangan Takut untuk Menangis

Marshanda.
Sumber :
  • Instagram @marshanda99

VIVA Showbiz – Marshanda dikenal sebagai salah satu selebriti yang telah berjuang untuk kesehatan mentalnya setelah didiagnosis menderita bipolar. Sebagai survival selama belasan tahun, wanita yang akrab disapa Caca itu kini sering membagikan ilmu untuk orang lain menjalani kehidupan yang lebih baik.

Polwan Satlantas Polres Depok Datangi Anak yang Viral Nangis Kelaparan di Bojonggede

Caca membagikan tips bagi orang-orang yang sedang merasa kesulitan dalam hidup. Sering kali orang yang sedang sedih atau terpuruk merasa perlu bantuan orang lain. Namun, Caca menyarankan supaya melakukan yang sebaliknya. Alih-alih meminta pertolongan, Caca menyarankan untuk coba menolong orang lain.

Marshanda

Photo :
  • IG @marshanda99
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

"Kalau kita lagi down, kita sering ngerasa kayaknya kita yang butuh ditolong. Tapi, you have no idea how good it feels ketika kita lagi low, breaking down, hal terampuh yang bisa membuat kita merasa lebih baik adalah by serving other people atau menolong orang lain," jelas Marshanda, mengutip unggahannya di TikTok, Senin 10 April 2023.

Dengan menolong orang lain atau melakukan kebaikan, energi positif akan tercipta sehingga bisa menenangkan emosi yang tidak stabil. Mantan istri Ben Kasyafani itu percaya bahwa meluapkan semua emosi dalam hati penting untuk dilakukan untuk mengurangi beban di tubuh.

Viral Isak Tangis Bocah Pecah Melihat Kepergian Ibunya yang Tewas Dibacok Ayahnya: Kenapa Bukan Aku?

Emosi dalam batin yang dipendam justru akan berpengaruh kepada bagian tubuh lainnya yang nantinya menimbulkan kelelahan hingga menjadi penyebab penyakit.

"Kalau misalnya kita merasakan suatu emosi dan kita keep itu di badan kita, emosi itu bisa stuck. Tersimpan di organ-organ tertentu seperti bahu, pinggang, pinggul, betis, semua itu bisa terasa berat, pegel, dan lain-lain," kata Marshanda.

"Jadi ayo kita check into our bodies karena lebih dari 80 persen penyebab badan kita terasa sakit atau ngga nyaman adalah alasan psikologis atau stres," sambungnya.

Untuk menjaga kesehatan mental, semua emosi dalam hati sebaiknya diluapkan, baik dengan menangis atau melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran dari masalah yang ada. Marshanda pun membuat ajakan untuk tidak takut mengekspresikan emosi yang ada dalam hati.

Marshanda.

Photo :
  • Instagram @marshanda99.

"Lets check in our body dan bertanya. Jangan takut untuk menangis, untuk bergerak, untuk mengeluarkan semua emosi yang tersimpan di badan kita and be healthier," tandasnya.

Sebagai informasi, Marshanda didiagnosa mengidap bipolar sejak 2009. Bipolar merupakan gangguan mental yang berhubungan dengan perubahan suasana hati yang cukup drastis. Pengidap bipolar bisa merasa berada di posisi terendah sebagai depresif namun tiba-tiba emosinya melonjak ke posisi tertinggi atau yang disebut mania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya