Profil Oscar Lawalata, Desainer yang Kini Ganti Nama dan Direstui Jadi Perempuan Trans

Oscar Lawalata.
Sumber :
  • Instagram @oscarlawalata

Jakarta – Belakangan ini media sosial sedang dihebohkan dengan pengakuan dari desainer Oscar Lawalata ketika diundang di salah satu acara yang dipandu oleh Andy Flores Noya. Oscar juga mengungkapkan bahwa ia sudah operasi ganti kelamin sehingga ia menjadi perempuan

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Bukan hanya itu, Oscar juga sudah mengganti namanya menjadi Aasha Smara Darra. Oscar diketahui sudah melakukan proses persidangan untuk mengganti seluruh dokumen pribadinya dan saat ini telah resmi menjadi perempuan transgender

Perjalanan Oscar yang kini disapa Asha untuk menjadi seorang perempuan terbilang cukup panjang. Tapi kini, dia sangat bahagia dengan keputusannya dan semakin mesra dengan pacar bulenya. Nah, berikut profil Oscar Lawalata yang kini berubah nama dan jenis kelamin. 

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Profil Singkat

Oscar Lawalata.

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata
Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Sebelum ganti nama menjadi Asha Samara Dara, ia memiliki nama Oscar Septianus Lawalata. Ia lahir pada 1 September 1997 dari pasangan Reggy Lawalata dan Alexander Polii. Tapi sayang, orang tuanya memilih bercerai pada saat dia berusia 4 tahun. 

Oscar dan sang adik pun harus hidup dalam keterbatasan bersama ibunya yang menjadi orang tua tunggal. Dia diketahui sudah menyukai dunia fesyen sejak kecil. Sehingga dia menempuh pendidikan di sekolah mode yang bernama Prancis, Edmond di Jakarta. 

Namun, Oscar Lawalata tidak menyelesaikan pendidikan tersebut karena pada saat itu Indonesia mengalami krisis moneter pada 1998. Meski demikian, Oscar tetap bisa mewujudkan mimpinya dan menjadi salah satu perancang busana ternama. 

Perjalanan Karier

Oscar Lawalata.

Photo :
  • Instagram/@oscarlawalata

Meski gagal menyelesaikan studinya, Oscar Lawalata tidak menyerah. Ia memilih membuka butik di rumah untuk mengasah keterampilan menjahit dan membuat pola. Pelanggan pertama yang memakai desainnya adalah penyanyi senior yaitu Titi DJ.

Perlahan, karir Oscar atau Asha ini semakin cemerlang, dan dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia bahkan sampai Asia. Pada tahun 1999 berhasil meraih 2 penghargaan dalam Asian Young Fashion Designer Competition, kiprah Asha sebagai desainer juga memberikan dampak positif bagi budaya Indonesia.

Pasalnya, ia memperkenalkan batik dan budaya Indonesia di ajang fashion dunia dan internasional. Pada tahun 2009, Asha kembali meraih penghargaan di kancah internasional, yaitu International Young Creative Entrepreneur Awards yang diselenggarakan di London, Inggris.

Kehidupan Pribadi

Pose Oscar Lawalata dengan seorang bule.

Photo :
  • Instagram/oscarlawalata

Oscar Lawalata disebut-sebut sudah tidak nyaman dengan tubuhnya sejak kecil. Saat duduk di bangku SMA, ia mulai mencurahkan perasaannya kepada ibunya, Reggy Lawalata. Tapi dia beruntung karena ibunya adalah orang yang memiliki pikiran terbuka. 

Jadi Reggy juga menerima kondisi sang anak dan belajar serta memahami apa yang sedang dirasakan oleh anak pertamanya itu. Oscar, yang sekarang resmi ganti nama menjadi Asha, tidak membuat penilaian sendiri tentang tubuhnya.

Sebab, ia telah menjalani tes hormon untuk menstabilkan jantungnya. Setelah pengujian, dia semakin yakin bahwa dia yang asli adalah seorang wanita. Tak hanya itu, ia pun berkonsultasi dengan psikiater untuk menentukan langkah selanjutnya. 

Operasi Ganti Kelamin

Desainer Oscar Lawalata.

Photo :
  • VIVA/Shalli

Di usia 40 tahun, Oscar Lawalata memutuskan untuk menjadi wanita transgender. Keputusannya diterima dengan baik oleh ibu dan saudara perempuannya. Terakhir pada tahun 2021, Oscar Lawalata menjalani operasi pergantian kelamin di Thailand.

Setelah operasi, dia membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk pulih. Setelah resmi menjadi wanita, ia mengubah namanya menjadi Asha Smara Darra. Semua identitasnya telah diubah secara administratif melalui pengadilan. Sekarang dia lebih bahagia dan lebih dekat dengan pacarnya yang berkulit putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya