Oscar Lawalata Resmi Ganti Identitas Jadi Perempuan, Namanya Sekarang Asha Smara Darra

Oscar Lawalata/Asha Smara Darra
Sumber :
  • Instagram @oscarlawalata

Jakarta – Pada tahun 2020 lalu, Oscar Lawalata memutuskan untuk menjadi seorang transpuan dan mengganti namanya menjadi nama perempuan pula. Saat ini, identitas baru kakak dari Mario Lawalata itu diketahui telah diresmikan oleh pengadilan. 

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Oscar Lawalata dikabarkan sudah melakukan persidangan untuk mengganti semua identitas dalam dokumen pribadinya menjadi identitas wanita dengan nama barunya yakni Asha Smara Darra.

Oscar Lawalata.

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata
5 Mobil Ini harus Ganti Nama Usai Peluncuran Resmi

"(Semua dokumen) diganti atas nama Asha Smara Darra perempuan," ujarnya yang dikutip dari VIVA pada Rabu, 12 Juli 2023. 

Rupanya, Oscar Lawalata tak sembarangan mengganti dan memberi nama untuk dirinya sendiri. Nama barunya tersebut memiliki makna yang di mana sempat ia ungkap pada tahun 2020 lalu saat memutuskan untuk menjadi transpuan dan mengganti identitasnya. 

Suami Sandra Dewi Terseret Kasus Korupsi Timah, Begini Kata Pakar Nama dan Holistik

"Nama baru saya Asha Smara Darra. Asha itu artinya hope. Smara itu artinya cinta dan Darra itu artinya pohon yang kuat," ungkap Asha. 

Oscar atau yang kini berganti nama menjadi Asha Smara Darra itu juga mengungkap alasan dirinya memutuskan untuk menjadi seorang transpuan di usianya yang sudah menginjak 40 tahun. Diakui Asha bahwa keputusannya itu lantaran ia tak menemukan cinta.

"Kenapa (di usia) 40 tahun? Saya berbicara dengan Tuhan bahwa di umur 40 ini kalau saya tidak menemukan cinta, saya akan mengubah diri saya menjadi wanita," ucapnya.

Oscar Lawalata/Asha Smara Darra

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata

Meski saat ini namanya telah resmi diganti, namun dirinya mengaku tak keberatan dan tak mempermasalahkan jika orang lain masih memanggilnya sebagai Oscar. Ia mengaku tetap menerima dengan senang hati dipanggil dengan nama apapun, karena menurutnya dirinya tetaplah sama. 

Sebelumnya, Oscar juga diketahui sempat menjalani tes hormon hingga berkonsultasi dengan seorang psikolog terkait dengan kondisinya yang berbeda dari yang lain. Hal itu diungkap oleh sang ibu, Reggy Lawalata.

"Lama-lama semakin dia dewasa ya kita makin sering ngobrol. Terus dia bilang yang dia pergi ke psikolog, psikiater, tes hormon dan segala macam itu saya tidak pernah tahu yang dia lakukan selama tiga tahun," ujar Reggy Lawalata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya