Jadi Perempuan, Oscar Lawalata Disinggung Soal Agama dan Keyakinan

Oscar Lawalata.
Sumber :
  • Instagram @oscarlawalata

JAKARTA – Oscar Lawalata belakangan ini mencuri perhatian publik setelah mengaku sebagai transgender. Bersamaan dengan kabar mengejutkan itu, Oscar Lawalata juga membahas perihal agama yang sangat berkaitan erat dengan keputusannya menjadi seorang transgender.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Seorang netizen menuliskan komentar di Instagram Oscar terkait keputusannya mengubah alat kelamin. Netizen tersebut mengaitkannya dengan ajaran agama, yang mana sangat menentang umat manusia melakukan operasi ganti kelamin atau transgender.

Oscar Lawalata/Asha Smara Darra

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata
Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

"Ya dilema yang tidak pernah selesai. Orang cuma bisa menyalahkan. Agama pun mengatakan dosa. Tapi mereka yang merasakan tidak bisa keluar dari kenyataan. Jiwanya terjebak dalam tubuh yang berbeda. Penelitian pun menunjukkan hormonnya beda dengan tubuhnya," tulis netizen itu, dikutip Jumat 14 Juli 2023.

"Tapi kenapa Tuhan memberi cobaan luar biasa. Mereka cuma bisa menangis dan tidak melawan kodratnya. Orang tua pun menangis karena anaknya berbeda," lanjutnya.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Menanggapi hal tersebut, Oscar Lawalata menyebutkan bahwa keyakinan akan tumbuh di dalam hati seseorang seiring dengan proses kehidupannya. Masing-masing individu juga memiliki sudut pandang yang berbeda soal keyakinan atau agama yang dianut. Oleh karena itu, hal-hal soal keyakinan bagi Oscar adalah hal yang sangat personal.

"Fungsi Agama sebagai pembuka pintu jalur yang membuka ragam keyakinan yang tidak bisa dipersatukan dalam satu sudut pandang manusia. Kepercayaan yang terbangun mempunyai sudut pandang yang berbeda - keyakinan yang tumbuh dalam ragam proses kehidupan manusia dan iman yang tumbuh secara individual," jawab Oscar Lawalata.

Tidak terima keputusannya dikaitkan dengan urusan agama, Oscar Lawalata pun menegaskan bahwa setiap orang tidak berhak menghakimi kepercayaan orang lain. Sebab, ketika berbicara perihal keyakinan maka itu adalah urusan antara manusia dan Tuhannya.

"Dan kita manusia tidak berhak untuk menghakimi iman manusia lainnya. Iman adalah hubungan sakral antara Tuhan dan Manusia - Mari kita jaga kesadaran rasa kemanusiaan kita yang tumbuh dari kedalaman Iman Kita," sambungnya.

Oscar Lawalata mengungkapkan bahwa dirinya kini resmi menjadi seorang wanita setelah menjalani operasi ganti kelamin. Ia juga secara resmi mengubah namanya menjadi Asha Smara Daraa sekaligus semua identitas di dokumen kenegaraannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya