Jane Birkin Meninggal Dunia, Ini Kisah Inspiratif Sang Penyanyi Hingga Jadi Ikon Tas Hermes

Jane Birkin.
Sumber :
  • Instagram @janebirkinoff

INGGRIS – Aktor dan penyanyi Jane Birkin telah meninggal dunia pada usia 76 tahun. Ikon fesyen yang dikenal dengan keanggunan gaya bahasa serta mode serta sosok aktivisme sosial ini meninggal dunia di rumahnya di Prancis.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Media Prancis melaporkan bahwa Birkin ditemukan tewas di rumahnya di Paris. Kementerian Kebudayaan Prancis men-tweet bahwa Birkin meninggal pada hari Minggu. Kementeruan Kebudayaan juga memuji. mendiang sebagai ikon Francophone abadi.

Menteri Kebudayaan Rima Abdul Malak menyebut Birkin orang Inggris paling Prancis dan lambang untuk seluruh zaman yang tidak pernah ketinggalan zaman. Di luar rumah Birkin di Left Bank Paris, para penggemar berduka atas kematiannya.

Bukan Foya-Foya, Kartika Putri Ngaku Tas Branded Adalah Hadiah dari Habib Usman

Jane Birkin.

Photo :
  • Instagram @janebirkinoff

“Dia adalah seorang penyair, penyanyi, seniman,” kata Marie-Jo Bonnet. "Dia memberikan yang terbaik dari dirinya dan itu luar biasa."

Klarifikasi Koleksi Tas Mewahnya, Netizen Singgung Kartika Putri Mirip Sandra Dewi

Jane Birkin dikabarkan meninggal dunia karena sebab alami lantaran usia yang sudah tua. Kabar duka ini membuat dunia mode dan hiburan merasa begitu kehilangan sosok inspiratif. Jane Birkin sendiri sangat populer dari berbagai sisi kreatif mulai dari penyanyi, model, hingga pencetus mode tas Hermes, berikut ulasannya dikutip laman ABC News.

Riwayat Kesehatan

Birkin menderita masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir yang membuatnya tidak bisa tampil dan penampilan publiknya menjadi jarang.

Penyiar Prancis BFMTV mengatakan Birkin menderita stroke ringan pada 2021, memaksanya membatalkan pertunjukan tahun itu. Dia membatalkan acaranya lagi pada bulan Maret karena patah tulang belikat.

Kembali tampil ditunda pada bulan Mei, dengan mengatakan dia membutuhkan lebih banyak waktu dan berjanji kepada penggemarnya bahwa dia akan melihat mereka lagi pada musim gugur.

Tas Hermes

Terlepas dari karir layar dan musiknya selama puluhan tahun, Birkin menduga bahwa, bagi sebagian orang, tas yang dinamai menurut namanya mungkin merupakan warisannya yang paling terkenal.

Birkin pun identik dengan tas Hermes yang menyandang namanya. Dibuat oleh rumah mode Paris pada tahun 1984 untuk menghormatinya, tas Birkin menjadi salah satu barang mewah paling eksklusif di dunia, dengan label harga stratosfer dan daftar tunggu selama bertahun-tahun untuk membelinya.

Aksesori fesyen ini lahir dari pertemuan kebetulan dalam penerbangan tujuan London pada 1980-an dengan kepala Hermes saat itu, Jean-Louis Dumas. Birkin menceritakan dalam wawancara berikutnya bahwa mereka berbicara setelah dia menumpahkan beberapa barangnya di lantai kabin. 

Dia bertanya kepada Dumas mengapa Hermes tidak membuat tas tangan yang lebih besar dan membuat sketsa di atas kantong pesawat jenis tas yang dia suka. Dumas kemudian membuat contoh untuknya dan, tersanjung, dia menjawab ya ketika Hermes bertanya apakah itu bisa mengkomersialkan tas atas namanya.

Dalam wawancara Minggu Pagi CBS pada tahun 2018, Birkin bercanda bahwa itu mungkin yang paling dikenalnya.

Tas tangan termahal di dunia, Hermes Birkin warna merah

Photo :
  • Daily Mail

“Saya berpikir, 'Ya ampun, di obituari saya, akan tertulis,' Seperti tasnya 'atau semacamnya,'" katanya. "Yah, itu bisa lebih buruk."

Mode Populer

Gaya yang ditampilkan Birkin di tahun 1960-an dan awal 1970-an, rambut panjang dengan poni, jeans dipadukan dengan atasan putih, gaun mini rajutan, dan tas keranjang, masih melambangkan ketinggian gaya Prancis bagi banyak wanita di seluruh dunia.

Penyanyi Beraksen Inggris

Ikon bintang dan fesyen kelahiran London ini dikenal karena hubungan musik dan romantisnya dengan penyanyi Prancis Serge Gainsbourg. Lagu-lagu mereka terutama menyertakan "Je t'aime moi non plus" ("I Love You, Me Non") yang memanas dan bernada intim. Suara nyanyian Birkin yang halus dan beraksen Inggris dipadukan dengan baritonnya yang kasar dalam duet tahun 1969 yang membuatnya terkenal dan populer.

Aktivis Sosial

Di Perancis yang diadopsinya, Birkin juga terkenal karena aktivisme politiknya dan berkampanye untuk Amnesti Internasional, gerakan pro-demokrasi Myanmar, perjuangan melawan AIDS dan penyebab lainnya.

“Kamu selalu bisa melakukan sesuatu,” kata Birkin pada tahun 2001, menggalang dukungan untuk kampanye Amnesti melawan penyiksaan. “Anda bisa mengatakan, 'Saya tidak setuju dengan itu.'”

Dia bergabung dengan lima biksu dalam pawai melalui Festival Film Cannes pada 2008 untuk menuntut Myanmar mengizinkan pekerja bantuan asing masuk ke negara itu untuk membantu korban topan.

Pada tahun 2022, dia bergabung dengan bintang layar dan musik lain di Prancis dalam memotong rambutnya untuk mendukung pengunjuk rasa di Iran. Charlotte Gainsbourg, putri Birkin dengan Gainsbourg dan juga seorang aktor dengan haknya sendiri, memotong sehelai rambut ibunya untuk kampanye "HairForFreedom" saat Iran dilanda protes anti-pemerintah.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji Birkin sebagai seniman yang sempurna. Ia juga mencatat bahwa suaranya yang lembut berjalan seiring dengan aktivismenya yang bersemangat.

"Jane Birkin adalah ikon Prancis karena dia adalah inkarnasi kebebasan, menyanyikan kata-kata terindah dalam bahasa kita," cuitnya.

Kredit film awal Birkin termasuk "Blow-Up" pada tahun 1966, dikreditkan dengan membantu memperkenalkan penonton Prancis pada gaya dan kecantikan "Swinging Sixties" -nya.

Birkin dan Gainsbourg bertemu dua tahun kemudian. Dia tetap menjadi inspirasinya bahkan setelah pasangan itu berpisah pada 1980.

Dia juga memiliki seorang putri, Kate, dengan komposer James Bond John Barry. Kate Barry meninggal pada 2013 pada usia 46 tahun. Birkin memiliki putri ketiganya, penyanyi dan model Lou Doillon, dengan sutradara Prancis Jacques Doillon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya