Aktris Inspirasi Tas Mewah Hermes, Jane Birkin Meninggal Dunia

Jane Birkin.
Sumber :
  • Instagram @janebirkinoff

INGGRIS – Sosok yang menginspirasi tas Hermes Birkin, Jane Birkin dikabarkan meninggal dunia pada Minggu 16 Juli 2023. Penyanyi dan aktris Inggris ini meninggal dunia di rumahnya di Paris di usia 76 tahun. 

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Penyebab kematian dari Jane Birkin sendiri belum diumumkan oleh otoritas setempat. Sementara itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron diketahui memberikan penghormatan kepada Birkin, dengan mengatakan bahwa Jane Birkin merupakan ikon yang mewujudkan kebebasan dan nyanyian kata-kata terindah dalam bahasa masyarakat.

Jane Birkin.

Photo :
  • Instagram @janebirkinoff
dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

"Jane Birkin adalah ikon Prancis. Seorang seniman yang lengkap, suaranya selembut komitmennya yang bersemangat. Dia mewariskan kepada kita warisan lagu dan gambar yang tidak akan pernah meninggalkan kita," tulis Macron dalam akun twitternya.

Sementara itu, perdana menteri Prancis, Élisabeth Borne, mengungkap Jane Birkin adalah ikon yang tak terlupakan, dengan suara dan pesonanya yang unik.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Perjalanan Karier Jane Birkin

Jane Birkin diketahui pindah ke Paris pada tahun 1960-an. Dia kemudian memulai karier bermusiknya setelah bertemu dengan penyanyi yang juga penulis lagu legendaris Prancis Serge Gainsbourg. Keduanya kemudian menjadi salah satu pasangan selebriti paling terkenal di era itu, keduanya diakui dunia internasional melalui lagu mereka berjudul Je t 'aime… moi non plus.

Selain bernyanyi Jane Birkin juga diketahui piawai dalam menulis, berakting, dan mengarang, dan dianggap di tanah kelahirannya Inggris sebagai ikon musik Prancis dengan haknya sendiri.

Di Mei 2022 lalu dirinya yang dijadwalkan akan menggelar konser di Paris terpaksa harus gigit jari. Sebab konser tersebut harus ditunda setelah Jane Birkin mengalami patah pada bahunya. Ini bukan kali pertama pada 2021 lalu serangkaian konsernya juga harus dibatalkan setelah dia mengalami stroke pada September 2021 lalu.

Koleksi tas termahal Hermes

Photo :
  • HERMES, CHRISTIES

Kehidupan Pribadi Jane Birkin 

Jane Birkin lahir di London pada 14 Desember 1946 dari ibu aktor dan ayah perwira angkatan laut. Pada usia 17 tahun dia menikah dengan komposer James Bond John Barry, sebuah pernikahan yang hanya berlangsung selama tiga tahun.

Nama Jane Birkin melambung setelah tampil di film 1966  Blow-Up before crossing the Channel pada tahun 1968, pada usia 22 tahun, untuk membintangi komedi romantis satir bertajuk Slogan alongside Gainsbourg, yang 18 tahun lebih tua darinya.

Melalui Slogan alongside Gainsbourg merupakan awal dari hubungan 13 tahun di layar dan di luar layar yang menjadikan mereka pasangan paling terkenal di Prancis, dan menjadi sorotan karena gaya hidup bohemian dan hedonistik mereka serta pekerjaan mereka.

Meskipun dilarang di radio di beberapa negara dan dikutuk oleh Vatikan karena liriknya yang terlalu seksual, lagu mereka Je t'aime … moi non plus (“I love you … me not”), dirilis pada Februari 1969, mencapai kesuksesan di seluruh dunia dan mencapai No 1 di chart single Inggris.

Hubungan mereka sering digambarkan sebagai "gejolak", dan Jane Birkin dilaporkan menulis dalam buku hariannya di tahun 2020 bahwa telah terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Jane Birkin juga diketahui sempat terjun ke sungai Seine setelah melempar pai custard ke wajah Gainsbourg.

Birkin dan Gainsbourg telah bersama selama 12 tahun dan tidak pernah menikah. Pada tahun 1971 mereka memiliki seorang putri, Charlotte, yang merupakan aktor dan penyanyi pemenang penghargaan. Sayangnya  mereka berpisah pada tahun 1980. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya