Retno Marsudi Berlenggok di Catwalk Istana: Pertama Kalinya Saya Jadi Model

Para Menteri berlenggok di Istana Berkebaya
Sumber :
  • Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi resmi membuka peragaan busana bertajuk Istana Berkebaya pada Minggu, 06 Agustus 2023. Acara tersebut digelar di depan Istana Merdeka Jakarta untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Dalam peragaan busana ini yang turut berjalan di catwalk sepanjang 200 meter diantaranya para menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, istri para menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), hingga istri para duta besar.

Menlu Retno Marsudi

Photo :
  • Instagram @retno_marsudi
Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Salah satu yang mencuri perhatian yakni Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Sebab, ia tak terbiasa melenggang dengan kebaya. Meski begitu ia merasa senang.

“Hari ini senang sekali karena untuk pertama kalinya saya menjadi model. Biasanya lari 11 kilometer, hari ini berjalan di atas ‘catwalk’ 200 meter. It’s fun, menyenangkan,” kata Menlu Retno, dikutip dari ANTARA, Senin, 7 Agustus 2023.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Menlu Retno Marsudi mengenakan atasan kebaya putih dengan bawahan berwarna merah dalam acara tersebut. Kebaya yang dikenakan dilengkapi payet-payet bergambar penari topeng dan bunga-bunga.

Menurut Menlu Retno, acara Istana Berkebaya ini memiliki pesan tentang warisan budaya Indonesia, yakni kebaya encim khas Jakarta yang harus dilestarikan.

Menlu Retno Marsudi

Photo :
  • Instagram @retno_marsudi

Dalam acara yang merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-78 tersebut, selain menteri perempuan, istri menteri, para duta besar, jurnalis perempuan, ada juga sederet artis yang turut meramaikan acara tersebut.

Happy Salma tampak memimpin peragaan busana. Ia mengenakan kebaya berwarna hijau muda, lengkap dengan selendang berwarna senada. Kemudian di belakangnya ada Ariel Tatum, Raline Shah, Andien Aisyah, Tissa Biani, dan Shareefa Daanish. 

Dengan acara ini, presiden Jokowi ingin agar masyarakat luas bisa kembali menggemari busana kebaya untuk dipakai di seluruh kegiatan.

“Kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya di gubernur-an, tetapi untuk masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh ‘event-event’ yang ada di Tanah Air,” ungkap Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya