Jelang Peringatan 1 Tahun Kematian, Patung Ratu Elizabeth dan Anjing Corginya Hampir Rampung

Pembuatan patung Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • The Art Newspaper

VIVA Showbiz – Sebuah patung epik untuk memperingati mendiang Ratu Elizabeth II akan diresmikan akhir tahun ini di daerah Rutland di East Midlands, Inggris, yang menggambarkan mendiang Ratu tersebut saat masih muda, dan dikelilingi oleh anjing-anjing Corgi miliknya. 

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Pekerjaan itu mendahului peringatan resmi diawasi langsung oleh Rumah Tangga Kerajaan dan pemerintah Inggris. 

Patung Rutland, yang dibuat oleh pematung Hywel Brân Pratley yang berbasis di London, akan berdiri di luar perpustakaan di kota Oakham. “Ini seperti yang saya mengerti, ini adalah yang pertama ditugaskan sebagai peringatan untuk Ratu. Ada yang lain yang sedang dikerjakan sebelum kematiannya, beberapa selesai dan telah diresmikan, beberapa selesai dan masih belum diresmikan," kata Pratley dikutip dari laman Telegraph, Senin, 7 Agustus 2023.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Ratu Elizabeth II

Photo :
  • Eat This

Patung itu berukuran tujuh kaki atau 2,1 meter dan terbuat dari 800 kilogram tanah liat dan ditugaskan oleh Sarah Furness, Lord-Lieutenant of Rutland yang bertindak sebagai perwakilan keluarga kerajaan di wilayah tersebut. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

“Kami berharap patung itu dapat diresmikan pada musim gugur di akhir tahun ini, dimana dekat dengan peringatan kematian mendiang Ratu (pada 8 September), mungkin Oktober, November, atau awal Desember. Kami berharap seorang bangsawan senior dapat menghadiri pembukaan jadi kami perlu melihat jadwal," ujar Furness kepada The Art Newspaper. 

Patung baru ini berharga £125.000 atau Rp2,1 miliar.

"Semua sumbangan bersifat sukarela selain hibah yang relatif kecil dari Oakham Memorial Institute. Sumbangan datang dalam jumlah yang bervariasi dari £ 10 hingga lebih banyak lagi. Ratusan orang dari semua lapisan masyarakat dan bisnis di seluruh Rutland berkontribusi,” tambah Furness. 

Sementara itu, Kantor Kabinet pemerintah Inggris bergerak maju dengan peringatan nasional. "Dengan pertimbangan pada waktu, untuk menugaskan tugu peringatan resmi Ratu Elizabeth II," kata Kantor Kabinet dalam pernyataan yang dikeluarkan bulan lalu. 

Dalam panduan untuk komunitas yang ingin “merayakan hari meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II”, kantor tersebut mengatakan: “Permintaan untuk membuat peringatan dalam nama yang diusulkan kemungkinan besar akan dipandang baik, jika memungkinkan.

Gelar penuh Ratu Elizabeth II akan terus dilindungi dengan ketat dan hanya diberikan untuk aplikasi dengan koneksi kerajaan yang kuat.” 

Karya lain yang didedikasikan untuk Ratu Elizabeth juga akan menjadi bagian dari narasi seni publik Inggris. Salah satunya adan karya monumental Ascendant: The Elizabeth Landmark oleh pematung Simon Hitchen, yang terletak di dataran terpencil Northumberland di timur laut Inggris, sudah hampir rampung, dengan dana dari para donatur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya