RM BTS Bantah Tudingan Hina Agama Islam, Minta Netizen Setop Berasumsi

RM BTS.
Sumber :
  • Soompi

KOREA SELATAN – Salah satu personel BTS, RM, memicu kontroversi dengan lagu yang diunggahnya di media sosial. Bukan tanpa alasan, leader BTS ini bahkan dituding sebagai sosok Islamaphobic lantaran lagu yang diunggah dikaitkan pada agama Islam. RM pun mengklarifikasinya untuk mencegah terjadi kesalahpahaman lebih dalam.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kontroversi ini bermula saat netizen mendapati RM BTS membagikan streaming Spotify "Bad Religion" milik Frank Ocean di Instagram Story. Tak ada keterangan tertulis apa pun dari cerita yang dibagikan RM BTS dengan sekadar menyajikan sebuah lagu yang sedang didengarnya kepada netizen. Scroll untuk info lengkapnya.

Tak disangka, lagu dengan arti judul 'agama buruk' ini telah menjadi bahan perdebatan sengit. Bukan tanpa alasan, netizen menyebut liriknya yang kontroversial dan berpotensi menimbulkan Islamafobia.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Setelah RM membagikan lagu tersebut di media sosialnya, ada beberapa yang menuding anggota BTS itu Islamofobia. Netizen juga berbondong-bondong mengunjungi Instagram RM untuk meninggalkan komentar jahat terkait postingannya dan terus-menerus memfitnah sang idola atas keputusannya membagikan lagu tersebut.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Dengan meningkatnya kemarahan yang muncul di internet, RM memilih untuk menghadapi kontroversi tersebut dengan mengadakan siaran Weverse Live baru-baru ini. RM mengklarifikasi bahwa tak pernah ada niat menghina agama mana pun.

"Teman-teman, saya tahu apa yang Anda bicarakan, dan Anda terus mengatakan kepada saya bahwa saya menghina suatu agama. Saya tidak melakukannya," kata RM dikutip laman Allkpop, Sabtu 2 September 2023. 

"Tidak ada niat atau tujuan untuk menghina suatu agama. Saya menghormati setiap keyakinan dan agama. Hanya itu yang bisa saya katakan. Tolong jangan. Saya tahu apa yang terjadi di Instagram saya, saya bisa melihatnya," jelas RM BTS.

Menurutnya, tudingan terhadapnya terkait islamofobia merupakan teori yang salah dan jauh dari fakta. Meski begitu, ia juga enggan meminta maaf walau telah memicu kegaduhan di media sosial. Sebab, niatnya tak pernah untuk menghina agama tertentu.

"Tapi aku tidak pernah, tidak ada tujuan seperti itu. Aku bahkan tidak punya 1 persen hati untuk berniat menghina agama apa pun. Guys, itu lagu. Aku tidak minta maaf," kata RM.

Kim Nam Joon atau RM BTS

Photo :
  • soompi

Lebih dalam, RM BTS mengaku bahwa lagu itu berdasarkan keinginan hati tanpa membuat siapa pun tersinggung. Ia pun berharap agar netizen berhenti berasumsi karena justru memicu kegaduhan di media sosial.

"Aku hanya bilang. Aku punya jiwaku sendiri, aku berumur 30 tahun. Aku bisa mengungkapkan pikiranku yang sebenarnya. Tolong, kata-kata ini adalah kata-kata, apa adanya. Tolong percaya kata-kataku dari diriku sendiri. Bukan hanya menebak, berpura-pura, berasumsi, oke?" imbaunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya