Beragama Islam, Kenapa Indah Kalalo Bangun Pura Hindu di Halaman Rumah?

Indah Kalalo
Sumber :
  • Instagram @indahkalalo

Jakarta – Indah Kalalo diketahui memiliki rumah nyaman dan luas di Pulau Bali. Namun, salah satu yang menjadi sorotannya adalah pura di area halaman rumah. Ia pun memberi nama rumah tersebut sebagai Villa Nyepi dan mengungkapkan maksud dari filosofi rumah tersebut. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

"Nyepi itu sacred day-nya orang Bali. Nyepi itu artinya menyepi, silent. Rumahku kayak nyempil, dikelilingi sungai, jadi kayak menyepi dari luar, quiet, peaceful," kata Indah Kalalo seperti dilansir dari kanal YouTube Melaney Ricardo pada Senin, 18 September 2023. 

Rumah mewah dengan luas mencapai 2.400 meter persegi itu memang mengusung konsep natural seperti kebanyakan rumah di Bali. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar suasana Pulau Dewata Bali bisa dirasakan oleh pengguna maupun tamu yang datang. 

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Indah Kalalo

Photo :
  • Instagram @indahkalalo

Kemudian, di area kolam renang bawah dan tempat santai rumah mewah tersebut, Indah Kalalo membangun sebuah pura. Bukan tanpa alasan, di depan Melaney Ricardo itu Indah Kalalo mengungkap alasan dirinya membangun pura kecil di halaman rumah. 

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

"Kalau di Bali itu kan harus.... Gini kita itu di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Jadi aku bangun lah itu ada pura," kata Indah Kalalo.

"Jadi setiap hari ada orang Bali, staf kita sama orang-orang Bali yang dulunya kehidupan di sini, sembahyang. Ini didoakan disembahyangi sehari 3 kali," ceritanya.

Rumah Indah Kalalo

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Indah Kalalo menyebut bahwa toleransi beragama di Bali memang begitu terasa ketimbang di daerah lain di Indonesia. Dia bahkan sering mempekerjakan orang-orang di rumahnya dari berbagai macam agama dan keyakinan supaya tercipta kedamaian. 

"Gue paling sering ditanya (soal agama). Di sini toleransi agamanya jalan banget, sama-sama menghormati. Orang di sini yang kerja sama aku ada yang Islam, Kristen, Hindu, Buddha," ucapnya.

"Kalau ada yang tanya apa agama Indah Kalalo? Agama aku Islam. Karena aku percaya semua orang yang beragama hatinya baik dan nggak akan berbuat jahat," tegas Indah Kalalo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya