Deret Artis Keturunan Yahudi Sering Jadi Sorotan, Ada yang Mualaf Hingga Non-Muslim

Mariana Renata
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

JAKARTA  – Yahudi merupakan salah satu kepercayaan yang diyakini oleh sejumlah orang di negara tertentu, salah satunya Israel. Agama ini sendiri populasinya menjadi minoritas di Indonesia, meski begitu tak sedikit warga yang menjadi keturunan Yahudi, termasuk pada publik figur.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Para artis di industri hiburan Tanah Air berasal dari berbagai keturunan lantaran Indonesia memiliki budaya dan suku yang beragam. Untuk agama pun, Indonesia juga terdiri dari berbagai jenis sehingga sejumlah artis ada yang memang keturunan Yahudi.

Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama, etnisitas, atau suku bangsa. Sebagai agama atau kepercayaan, istilah ini merujuk kepada umat yang beragama Yahudi. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Hukum-hukum agama Yahudi, memberikan definisi Yahudi kepada seorang dengan dua pilihan. Pertama, seorang anak yang terlahir dari ayah dan ibu Yahudi disebut Yahudi asli. Kedua, seorang anak yang terlahir dari Ibu Yahudi dan Ayah dari bangsa lain.

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Lantas, siapa saja artis keturunan Yahudi yang kini sudah mualaf hingga meyakini agama non-muslim? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Photo :
  • IG @ahmaddhaniofficial

Ahmad Dhani dikenal dengan silsilah keluarga Yahudi yang beragama Islam. Pentolan band Dewa 19 itu menjadi keturunan Yahudi, namun keyakinannya saat ini sebagai seorang muslim sejak lahir.

Silsilah keluarganya yang bergariskan Yahudi yakni berasal dari kakeknya,Jan Pieter Friederich Kohler. Kakek Ahmad Dhani ini memiliki seorang putri Joyce Theresia Pamela Kohler, yang kini merupakan ibunda sang musisi. Joyce sendiri sudah mualaf dan menurunkan agama Islam pada Ahmad Dhani.

Sophia Latjuba

Sophia Latjuba.

Photo :
  • Instagram @sophia_latjuba88

Wajahnya yang awet muda terpancar aura yang berbeda dari model sekaligus artis era 1990-an ini. Wajahnya yang khas memang diwariskan dari garis keturunan beragam negara dari sang ibu antara lain Jerman, Austria, Yugoslavia, dan Hungaria.

Ibu Sophia Latjuba sendiri memiliki keturunan sebagai Yahudi, meski agama yang diyakininya adalah Kristen. Mantan istri Indra Lesmana ini kabarnya sempat mualaf menjadi muslim, namun kini memeluk agama yang dianut sang ibunda.

Marini Soerjosoemarno

Marini Soerjosoemarno

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Artis yang dikenal di era 1970-an ini memiliki wajah blasteran dari Indonesia-Belanda. Siapa sangka, darah Belanda yang mengalir di tubuh pemilik nama asli Kanjeng Raden Ayu Soemarini Soerjosoemarno ini juga memiliki silsilah Yahudi.

Kendati begitu, sejak lahir Marini memeluk agama yang dianut kedua orang tuanya, namun bukan agama Yahudi. Baru lah saat dewasa, tepat sebelum dinikahi Idris Sardi, ayah Lukman Sardi, Marini mualaf dan menjadi muslim.

Mariana Renata

Mariana Renata Terpilih Sebagai The Face of TRESemme

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Artis cantik yang kabarnya menjadi mantan kekasih Nicholas Saputra ini memiliki wajah blasteran yang menawan. Model yang pernah menjalani masa kecil di Zimbabwe selama 6 tahun ini keturunan Yahudi yang berasal dari orang tuanya yang keturunan Prancis. Namun, artis keturunan Indonesia-Prancis ini memutuskan tak meyakini agama Yahudi dan memilih memeluk agaka Katolik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya