Ahmad Dhani Tak Larang Ari Lasso Bawa Lagu Dewa 19, Kok Beda dengan Once?

Ari Lasso dan Ahmad Dhani
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

JAKARTA  – Ahmad Dhani dan Once Mekel sempat berseteru terkait royalti untuk lagu-lagu Dewa 19 yang dinyanyikan tanpa izin. Hal itu pun membuat Ahmad Dhani melarang Once Mekel untuk menyanyikan lagi lagu-lagu karyanya, namun peraturan ini tak berlaku untuk mantan vokalis Dewa 19 sebelumnya, Ari Lasso. Kok bisa?

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Ahmad Dhani nampak sudah memberikan izin untuk Ari Lasso dalam membawakan lagu-lagu Dewa 19 yang merupakan ciptaan mantan suami Maia Estianty itu. Mantan vokalis pertama Dewa 19 itu diperbolehkan membawa lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani lantaran sudah memberi 'hitungan' yang sesuai.

"Ya, karena Ari Lasso itu ilmu tambah-tambahan, kurang-kurangan, kali-kalian, dan bagi-bagiannya bagus waktu SMA. Jelas gitu (soal royalti)," kata Ahmad Dhani beberapa waktu lalu.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Walau pun berteman dan sempat menyanyikan lagu Dewa 19 saat jadi vokalis, Ahmad Dhani menilai bahwa Ari Lasso menghargai karyanya dengan memberi royalti yang sepadan. Hal itu berbeda jauh dengan Once Mekel yang sama-sama mantan vokalis Dewa 19 dan berteman dengan Ahmad Dhani, namun tidak meminta izin serta pembagian royalti yang jelas.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Kalau Once, waktu pelajaran bagi-bagian enggak masuk mungkin. Bisanya kali-kalian sama tambah-tambahan saja. Begitu bagi-bagian langsung bingung dia," seloroh Ahmad Dhani.

Kelakar Ahmad Dhani terkait perhitungan itu dikaitkan dengan bayaran royalti yang tak diberikan Once Mekel saat menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 ciptaannya. Terlebih, Ahmad Dhani juga sempat mempermasalahkan bagaimana Once Mekel tak memberikan 'harga teman' saat diminta membantu jadi vokalis Dewa 19.

Ahmad Dhani

Photo :
  • IG @ahmaddhaniofficial

Di sisi lain, Ari Lasso pun secara transparan sudah mengatakan bahwa telah mendapat izin Ahmad Dhani untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19 dalam konser tunggalnya, pada 8 Juli 2023 lalu. Pelantun 'Hampa' itu mengaku bahwa sudah jauh-jauh hari berdiskusi terkait izin membawakan lagu Dewa 19 dengan Ahmad Dhani.

Ada pun dalam konser tunggalnya yang bertajuk '3 Dekade Perjalanan Cinta' itu, penyanyi berusia 50 tahun tersebut menyanyikan 5 lagu Dewa 19. Ari Lasso mengaku pemilihan 5 lagu Dewa 19 itu dilakukan karena memiliki ciri khas vokalnya sehingga familiar bagi penggemarnya.

"Aku izin sama Dhani. Aku bilang, sepertinya akan bawakan paling banyak lima lagu Dewa 19 yang signature aku banget," ujarnya beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya