Fakta-fakta Dior Pecat Bella Hadid Karena Pro-Palestina dan Ganti Dengan Model Israel

Bella Hadid
Sumber :
  • WION

VIVA Showbiz – Jenama mewah Dior menghadapi kritik keras secara online setelah muncul laporan bahwa mereka telah memecat model Palestina-Amerika dan brand ambassador mereka Bella Hadid dan menggantinya dengan model Israel May Tager dalam kampanye iklan terbarunya. 

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

"Boikot Dior" segera mulai menjadi tren di X (sebelumnya Twitter) dengan ribuan pengguna memposting rentetan pesan di platform tersebut. 

Berita ini muncul sebulan setelah serangan terhadap Israel oleh Hamas di mana Yerusalem mengklaim lebih dari 1.400 orang tewas. Israel pun telah melancarkan serangan besar-besaran di Gaza.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Bella Hadid turun ke jalan untuk berdemo dukung Palestina.

Photo :
  • Instagram @bellahadid

Awal Mula Kontroversi

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Berita ini awalnya dilaporkan oleh Yeni Safak dari Turki dan diambil oleh surat kabar lokal Israel. Tak lama kemudian, hal ini memicu perdebatan di kalangan pengguna media sosial yang menyatakan keprihatinan atas pemecatan Bella Hadid oleh Dior. 

Sebuah surat kabar lokal Israel juga muncul untuk mengkonfirmasi berita tersebut. “Meskipun banyak perusahaan di seluruh dunia menahan diri untuk tidak mendukung Israel secara terbuka, merek internasional Dior telah memilih model Israel May Tager untuk memimpin kampanye mereka, peran yang sebelumnya dipegang oleh Bella Hadid, yang telah lama menjadi pendukung perjuangan Palestina dan kritikus vokal terhadap Israel,” tulis berita itu.

Bella Hadid Pro-Palestina

Supermodel ini memang terkenal cukup lantang meneriakkan dukungannya terhadap perjuangan Palestina dan kritiknya terhadap kebijakan Israel. 

Sang ayah, Mohammed Hadid adalah muslim Palestina yang bekerja sebagai agen real estate sukses dan kaya di AS. Saat perang Hamas-Israel pecah pada Oktober ini, the Hadids semakin lantang menyuarakan dukungannya pada Palestina, melalui unggahan sosial media, turun ke jalan untuk demo, hingga pidato. 

Dalam postingan Instagram baru-baru ini, ia membagikan pemikirannya mengenai konflik yang sedang berlangsung, dengan menyatakan, "Saya telah dikirimi ratusan ancaman pembunuhan setiap hari, nomor telepon saya bocor, dan keluarga saya merasa dalam bahaya. Namun saya tidak bisa bungkam lebih lama lagi. Ketakutan bukanlah suatu pilihan."

Hadid menekankan pentingnya berbicara menentang kekerasan dan ketidakadilan, dengan menyatakan, "Rakyat dan anak-anak Palestina, khususnya di Gaza, tidak bisa membiarkan kami diam. Kami tidak berani - mereka berani."

Bella Hadid

Photo :
  • WION

Dia melanjutkan dengan mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam terhadap penderitaan di wilayah tersebut, mengakui trauma yang dihadapi warga Palestina dan menyerukan solidaritas global. “Hati saya berdarah karena rasa sakit akibat trauma yang saya saksikan, serta trauma generasi dari darah Palestina saya,” kata Bella.

Menjadi Brand Ambassador Dior

Bella Hadid telah menjadi brand ambassador brand asal Prancis ini sejak tahun 2016. Wajah cantiknya kerap muncul di runway fashion show, iklan Dior Beauty & Fashion dan perhiasan.

Namun, dalam video promosi parfum baru merek La Collection Privee dari koleksi liburan Dior, May Tager ditampilkan secara mencolok, menunjukkan peran barunya sebagai pemimpin campaign.

Siapa May Tager? 

Mode Israel May Tager

Photo :
  • IMG Model

May Tager adalah model berusia 24 tahun asal Israel. Ia pernah bekerja untuk merek internasional seperti Giorgio Armani, Louis Vuitton, Victoria's Secret dan banyak lainnya.

Menurut Ynet News, dia dibesarkan di kota Ganei Tikva di Israel, tempat orang tuanya pindah dari Denmark. Beberapa postingan muncul di Instagram-nya minggu lalu di mana Ms Tager tampil menjadi bintang iklan kampanye liburan baru Dior

Banyak Orang Boikot Dior

Pengguna media sosial ramai-ramai mengecam rumah mode mewah tersebut, mengutip hubungan Dior dengan Johnny Depp, yang baru-baru ini menuai kontroversi. 

Beberapa orang mengatakan keputusan itu akan membuat mereka mempertimbangkan kembali pembelian barang mewah mereka.

"Boikot setiap merek di bawah LVMH termasuk Dior (jika Anda punya uang)," tulis seorang pengguna X. "Terima kasih @dior karena telah memberi tahu kami perusahaan genosida mana yang selanjutnya akan diboikot," kata yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya