Berawal dari Kerja Cuci Piring, Christian Sugiono Kini Jadi Pebisnis Hebat

Christian Sugiono
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jakarta – Tidak banyak yang tahu bahwa aktor sinetron dan film Christian Sugiono ternyata lebih dulu menjalankan profesi sebagai seorang pebisnis. Sejak duduk di bangku kuliah, Christian telah mendirikan perusahaan kecil-kecilan yang berfokus dalam bidang IT yaitu web design. 

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Saat ini, ia sudah memiliki banyak bisnis, mulai dari bidang informasi dan teknologi hingga properti berbentuk villa. Suami Titi Kamal itu juga menggarap bisnis kuliner dan kosmetik bersama sang istri. Bahkan, dia juga menanam modal di banyak startup. 

Namun, perjalanan karir sang aktor dalam bidang bisnis itu tak secepat yang diperkirakan. Dia bercerita bahwa awalnya dia mendapatkan masalah uang saku ketika kuliah di Jerman. Karena itu, akhirnya dia menjajal sejumlah pekerjaan untuk membiayai hidupnya. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Christian Sugiono

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

“Waktu itu gua di Jerman sering bolak-balik ke Indonesia, ketika di Indonesia gua punya cewek artis lah. Gua jalan-jalan kena sorot kamera infotainment, kena ciprat dikitlah masuk-masuk, ‘oh ini pacarnya Titi Kamal,” kata Christian Sugiono dilansir dari kanal YouTube @kasisolusi. 

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

“Padahal gua di Jerman nyuci piring kerjaannya. Beneran, gue kerja pabrik segala macem. Dari Jerman gue kerja bawa duit euro ke Indonesia gue jadi orang kaya, gua bisa traktir pacar gua artis di restoran mahal, tapi pas balik Jerman nguli lagi,” papar Christian Sugiono.

Selama di Jerman, orang tuanya hanya memberikan uang untuk beberapa bulan awal kuliah. Karena itu, Christian Sugiono mencari pekerjaan serabutan untuk membayar kos, makan, jalan-jalan, sampai ongkos pulang ke Indonesia. 

Pasangan suami istri Christian Sugiono dan Titi Kamal

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Selain bekerja, Christian Sugiono mengatakan bahwa dirinya sudah membangun perusahaan kecil-kecilan yang berfokus pada web design development. Tidak sendiri, Christian Sugiono membangun bisnis tersebut bersama rekannya yang ada di Indonesia. 

Pada saat itu, dia merasa bahwa kemampuannya cukup untuk membangun bisnis dan menghasilkan uang. Maka dari itu, ketika itu dia memutuskan untuk pulang ke Indonesia pada 2006 dan tidak melanjutkan kuliah di Jerman. 

Kini, Christian Sugiono aktif sebagai seorang aktor sekaligus pemilik properti. Pemain film Catatan Akhir Sekolah itu mengaku memiliki sejumlah villa di Bali yang disewakan untuk para pengunjung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya