Amal Clooney, Pengacara HAM Keturunan Lebanon Dihujat Lantaran Diam Atas Agresi Israel ke Palestina

Amal Clooney
Sumber :
  • Veeoz

VIVA Showbiz  – Istri dari aktor George Clooney yang juga pengacara hak asasi manusia keturunan Inggris-Lebanon Amal Clooney ramai menuai kecaman dari netizen. Amal Clooney mendapat kecaman lantaran sikap diamnya terhadap agresi Israel di wilayah Palestina.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kritik tersebut muncul menyusul dengan sikapnya vocal terhadap Ukraina di PBB. Amal Cloney sebelumnya cukup vokal membela Ukraina di PBB, dan advokasinya untuk keadilan mengenai kejahatan perang yang dilakukan di Eropa. Namun hal ini berbanding terbalik dengan apa yang  terjadi di Palestina dalam dua bulan terakhir.

Masyarakat pro-Palestina di seluruh dunia menganggap hal ini sebagai sikap abai yang jelas darinya. Sehingga menimbulkan anggapan tentang pengkhianatan perasaan terhadap rakyat Palestina dan perjuangan mereka.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Banyak orang melalui media sosial mengungkapkan kekecewaan mereka mengenai masalah ini. Dengan membandingkan antara dukungan tegasnya terhadap Ukraina di PBB dan ketidakpeduliannya terhadap pembicaraan tentang Palestina.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Seorang pengguna X memposting foto Amal Clooney yang dengan tampilan Safari Waves untuk sebuah acara di Afrika Selatan, dan menyatakan kritikan keras pada istri George Clooney itu.

“Saya hanya ingin mengingatkan Anda semua bahwa dia adalah seorang pengacara hak asasi manusia yang belum berbicara sepatah kata pun tentang Palestina,” komentar netizen.

“Saya ingat dia sangat vokal tentang kejahatan perang di Ukraina,” mengkritik sikap diamnya mengenai agresi Israel di Gaza.

Pengguna X lainnya dengan keras memarahi Amal, dengan sikap diamnya terhadap apa yang terjadi di Palestina. 

“Bagi saya, sangat menjijikkan bahwa Amal Clooney adalah orang Palestina kelahiran Lebanon, dan masih dia (atas insiden serangan Zionis Israel ke Palestina),” kata dia.

Netizen tersebut bahkan memasukkan nama Amal Clooney dalam sebuah survei yang bertujuan untuk mengukur opini publik mengenai pembela hak asasi manusia mana yang lebih mengecewakan karena mereka diam atau netral terhadap kejahatan Israel.

“Saya dulu mengagumi Amal Clooney dan dia menjadi inspirasi bagi banyak orang sampai saya menyadari bahwa dia tidak berbicara sepatah kata pun tentang #Gaza meskipun dia adalah seorang pengacara HAK ASASI MANUSIA,” kata Jemima, seorang pro-Palestina, di X.

Diamnya Coolney mengenai masalah ini telah membuat banyak orang yang pro-Palestina di seluruh dunia merasa kecewa. Terutama mengingat latar belakangnya sebagai warga Lebanon dan potensi pengaruhnya melalui ketenarannya dalam menyoroti kekejaman Israel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya