Kecintaan pada Burung, Irfan Hakim Menginspirasi Sutiyoso Membuat Aviary

Bang Yos dan Irfan Hakim
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Presenter terkenal, Irfan Hakim, terkenal dengan hobi uniknya dalam memelihara berbagai jenis hewan, khususnya burung. Keunikan ini terwujud dalam bentuk aviary, sebuah kandang besar yang ia bangun di rumahnya untuk penangkaran burung-burung.

Merinding! Irfan Hakim Belajar Tari Sufi Ternyata Ada Filosofinya, Kain Kafan Hingga Sakaratul Maut

Kecintaan Irfan terhadap burung tidak hanya menginspirasi dirinya sendiri, tetapi juga memotivasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Sutiyoso untuk mengikuti jejak serupa. Scroll lebih lanjut ya.

Ketertarikan Sutiyoso pada burung telah ada sejak masa kecilnya. Saat mengunjungi aviary milik Irfan, Sutiyoso terpukau dengan suasana tenang dan kicauan burung yang mengingatkannya akan surga.

Efek yang Dialami saat Gerhana Matahari Total, Burung jadi Bingung

"Saya dari kecil emang suka burung, terus pas diundang Irfan Hakim lihat aviarynya, saya sampai bilang ‘Fan janga usir gue, gue mau tidur disini’ bener2 terasa seperti di surga," ucap Sutiyoso di Museum Bang Yos, Cibubur Bekasi Jawa Barat, Sabtu, 9 Desember 2023.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Pengalamannya yang mendalam ini memotivasi Sutiyoso untuk membangun aviary sendiri, yang kemudian ia beri nama "Aviary Bang Yos".

"Bang Yos pas ke rumah tuh dua jam di aviary, dia diem aja, dan dia adalah tamu terlama selama ada aviary," jelas Irfan.

Bang Yos dan Irfan Hakim

Photo :
  • ist

"Terus bilang lagi mau ketemu mau bikin aviary juga, saya bilang jangan lebih besar dari saya dong, akhirnya jadi Aviary Bang Yos ini," lanjut Irfan Hakim.

Dalam proses pembangunannya, Sutiyoso banyak berdiskusi dengan Irfan Hakim. Dikisahkan oleh Irfan, Sutiyoso sempat menghabiskan waktu dua jam di aviary milik Irfan, terpesona dengan keindahan dan ketenangan yang ditawarkan. Irfan, dengan nada bercanda, sempat meminta Sutiyoso agar tidak membuat aviary yang lebih besar dari miliknya. Namun, pembangunan Aviary Bang Yos tetap terjadi, menjadi sebuah tempat yang telah dilepas ratusan burung dari berbagai jenis.

Aviary Bang Yos tidak hanya menjadi rumah bagi burung-burung, tetapi juga dihiasi dengan berbagai pohon buah. Irfan Hakim menambahkan bahwa ketika buah-buah tersebut berbuah, mereka akan langsung habis, menunjukkan betapa aviary tersebut menjadi surga bagi burung-burung yang berada di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya