Zulkifli Hasan Bercanda Soal Solat, Langsung Disindir Para Komika

Komedian, Soleh Solihun
Sumber :
  • Instagram: localstandupday

VIVA Showbiz – Sejumlah komika Tanah Air ikut menyoroti pidato Zulkifli Hasan (Zulhas) yang dinilai mengandung unsur penistaan agama karena membuat lelucon tentang gerakan dan bacaan salat.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Diketahui, Ketua Umum PAN itu sempat viral lewat sebuah video saat menyatakan banyak orang di daerah yang saat salat Maghrib, selesai baca surat Al-Fatihah tidak mau menjawab 'Amin'.

Sebab, hal itu sekarang diasosiasikan dengan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai peserta Pemilu 2024. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan terkait importir gula, Selasa, 19 Desember 2023

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Lalu dalam gerakan tahiyat akhir yang seharusnya mengacungkan satu jari telunjuk, tetapi sekarang banyak yang salat dengan mengacungkan dua jari.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Zulhas mengatakan bahwa itu merupakan wujud cinta masyarakat terhadap Capres dan Cawapres nomor urut 2.

"Kalo sholat Maghrib baca Al-Fatihah Walad Dhollin ada yang diam sekarang Pak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu. Itu kalo tahiyatul akhir kan (satu jari) pak, sekarang maunya (dua jari) pak," cerita Zulkifli Hasan di Rakernas APPSI, mengutip unggahan akun X @ARSIPAJA, Kamis 21 Desember 2023.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Menanggapi video yang viral itu, komika Arie Kriting langsung memberikan komentar. Sang komika juga menyenggol Gus Miftah yang diketahui termasuk dalam bagian tim sukses Prabowo-Gibran.

Arie Kriting juga menyinggung kemungkinan Gus Miftah hanya mau bersikap tegas pada para komika yang diduga adalah Aulia Rakhman.

"Bentar lagi dicari Gus Miftah ini orang. Eh apa enggak ya? Apa komika doang.," cuit Arie Kriting.

Diketahui, Aulia Rakhman dianggap telah menghina Nabi Muhammad SAW karena menjadikannya lelucon di acara kampanya Anies Baswedan.

Ia pun kini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Saat itu, Gus Miftah marah besar karena tidak terima Nabinya dihina oleh Aulia Rakhman.

Melihat fenomena ini, komika Soleh Solihun juga ikut mengkritiknya. Menurut Soleh Solihun, tidak adil jika Zulkifli Hasan tidak diperlakukan secara adil seperti Aulia Rakhman yang harus berhadapan dengan hukum.

"Kalo komika yang becanda soal "amin" dan "tahiyatul akhir", pasti udah rame dihujat warga dan dikasih somasi, nih. hehehe," cuit Soleh Solihun.

Sementara itu, kabarnya Zulkifli Hasan akan dilaporkan oleh Ketua Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB), Rahmat Himran, pada 21 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya