Dispatch Rilis Percakapan Kim, Lee Sun Kyun Hanya Jadi Korban? Polisi Tak Punya Bukti Kasus Narkoba?

Lee Sun Kyun diperiksa di kantor polisi atas kasus penggunaan narkoba
Sumber :
  • Koreaboo

KOREA SELATAN – Aktor Lee Sun Kyun ditemukan tewas pada Rabu pagi 27 Desember 2023 ditengah kasus penyelidikan dugaan penyalahgunaan narkoba yang dialamatkan padanya. Saat ini jenazah Lee Sun Kyun telah berada di kamar 1 lantai 3 Aula Pemakaman Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul. 

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh dan 5 Terdakwa Dituntut Mati di PN Medan

Kasus penyalahgunaan narkoba yang menyeret nama Lee Sun Kyun ini bermula pada 18 Oktober 2023 lalu. Unit investigasi kejahatan narkoba Badan Kepolisian Incheon (tim investigasi 1) memposting laporan perkembangan kasus ini. Scroll lebih lanjut ya.

Rencananya adalah untuk menyelidiki kasus penggunaan narkoba yang melibatkan selebriti terkenal dan mereka yang bekerja di 1% perusahaan hiburan teratas di Gangnam.

Selain Sabu, Rio Reifan Juga Konsumsi Ekstasi dan Alprazolam

Jumlah subjeknya adalah 8. Sun Kyun Lee (48 tahun), OO Kim (29 tahun), OO Lee (26 tahun), OO Hwang (35 tahun), OO Han (28 tahun), Jeong Da Eun Jeong (30 tahun), OO Jeon (29 tahun), OO Yoo, dll, ditempatkan dalam penyelidikan.

Pengamat Sepakbola: Penyelesaian Akhir Timnas Indonesia Masih Harus Dibenahi

Titik awal kejadiannya adalah 'Bar Madam' Kim OO. Dalam proses mengkonfirmasi intelijen narkoba tentang Tuan Kim, polisi menemukan nama 'Lee Sun Kyun'.

"Lee Sun Kyun menggunakan obat-obatan seperti ganja di kediaman Kim OO di Dongdaemun-gu, Seoul.  Tujuh orang, termasuk Kim OO, mengelola Philopon di 'G Business' yang berlokasi di Gangnam-gu, Seoul sekitar pukul 17:00 pada tanggal 20 Juni 2023," tulis laporan itu. 

Polisi menulis laporan tanpa melakukan penyelidikan internal yang semestinya. Misalnya, Han OO dipenjara pada tanggal 23 Juni. Dia hanya membesar-besarkan ukurannya tanpa memeriksa fakta dasarnya.

19 Oktober 2023, pagi artikel mengenai kasus itu kemudian meledak. Setelah surat kabar Gyeonggi secara eksklusif membuat artikel tersebut, 

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Instagram @beloved_leesunkyun

Sehari setelah laporan perkembangan insiden diunggah, laporan itu bocor ke media.

"Selama penyelidikan di tempat hiburan Gangnam, para pejabat memperoleh informasi tentang selebritas setingkat Yoo Ah-in. Investigasi internal sedang dilakukan berdasarkan informasi terkait penggunaan narkoba oleh aktor L. Namun, tuntutan pidana terhadap Mr L belum diajukan," demikian laporan dari surat kabar Gyeonggi.

Investigasi internal secara harafiah berada pada level pemeriksaan ‘rumor’. Proses peninjauan kredibilitas berdasarkan intelijen. Dengan kata lain, nama Lee Sun Kyun belum terungkap.

Apalagi polisi bahkan tidak menyelidiki Kim OO saat itu. (Interogasi pertama terhadap Kim sebagai tersangka dilakukan pada tanggal 19 Oktober.)

Pada tanggal 18 Oktober, polisi Incheon menangkap ‘Bar Madam’ Kim dengan enam jenis narkoba saat itu. Pada saat yang sama, dia menjadi tersangka kasus pemerasan di mana dia memeras 300 juta won dengan mengancam Lee Sun Kyun.

Kim harus menjual siapa pun. Dalam bahasa gaul mantan narapidana, dikatakan ‘mendapatkan pahala’. Dan Lee Sunn Kyun dikorbankan. 

Benar saja, polisi hanya mendengar ucapan Kim tanpa memeriksa kredibilitas pernyataan tersebut? (Ketergantungan polisi pada ucapan Kim OO telah dikonfirmasi dalam kasus G.D. Ketika mereka berkata, "G.D. keluar dari kamar mandi dengan terhuyung-huyung," mereka menjadikan G.D. sebagai tersangka atas tuduhan narkoba.)

26 Desember 2023

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Allkpop

JTBC secara eksklusif membuat artikel dengan headline Lee Seon Kyun: 'Saya menghirupnya melalui hidung menggunakan sedotan, tapi saya pikir itu adalah pil tidur'. Pemberitaan ini dibuat pihak JTBC berdasarkan pernyataan pihak kepolisian.

"Telah dipastikan bahwa polisi memperoleh pernyataan dari manajer sebuah tempat hiburan, yang mengatakan, 'Saya melihat Mr. Lee menghirup melalui hidungnya menggunakan sedotan.' Mr. Lee Sun Kyun diketahui telah membantah klaim tersebut dengan mengatakan , 'Saya pikir itu adalah obat tidur'," demikian pemberitaan yang dibuat JTBC Senin 26 Desember 2023. 

Sore 26 Desember sebelum ditemukan tewas, Lee Sun Kyun menyampaikan pendapat tertulis kepada Badan Kepolisian Incheon, untuk meminta pemeriksaan dengan lie detector.

"Saya meminta penyelidikan pendeteksi kebohongan," kata dia mengeluhkan ketidakadilan dalam tuduhan narkoba yang dialamatkan padanya.

Apakah ini suatu kebetulan? Saat Lee Seong-gyun meminta untuk "mengkonfirmasi keaslian pernyataan tersebut", berita muncul dari polisi. Namun pola ini sudah terulang beberapa kali.

Pada tanggal 24 November bulu ketiak Lee Sun Kyun dinyatakan negatif narkoba. Polisi dikritik karena penyelidikan mereka yang tidak masuk akal. 

Malam itu, KBS secara eksklusif mengirimkan transkrip Kim dan Lee Sun Kyun.

Lee Sun Kyun juga disebut memiliki keinginan tersebut, setidaknya sampai sore 26 Desember lalu. Dia menyarankan tes pendeteksi kebohongan.

"Mari kita tentukan kebenarannya," katanya.

Namun, laporan tersebut, yang menghilangkan 'keadaan pasca perang', menjadi alasan keruntuhannya.

Dispatch’ mengkonfirmasi laporan surat kabar tersangka Lee Sun Kyun.

"Saya bilang ke Pak Kim, 'Kenapa kamu minum obat lewat hidung? Bukankah itu aneh?' kata saya. Kim bilang, 'Melalui hidung akan bekerja lebih cepat. Kalau penasaran, coba juga.’ Kim bilang katanya itu adalah obat tidur yang diresepkan oleh saudara dekatnya yang dokter. (Jadi) menurutku itu bukan masalah besar," kata dia.

Tiga penyelidikan polisi berada pada level mempertanyakan pernyataan Kim. Ini karena rambut, bulu kaki, dan bahkan bulu ketiak dinyatakan negatif, sehingga gagal mendapatkan bukti obyektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya