Profiler Kenamaan Ungkap Alasan Kemungkinan Lee Sun Kyun Bunuh Diri

Lee Sun Kyun
Sumber :
  • KBIZoom

JAKARTA – Kasus kematian Lee Sun Kyun yang diduga bunuh diri usai ditemukan tak bernyawa pada Rabu 27 Desember 2023 menjadi perhatian serius seluruh pihak. Lee Sun Kyun diketahui ditemukan tak bernyawa di dalam mobilnya yang terparkir di dekat Taman Waryong di Jongno-gu, Seoul sekitar pukul 10:30 KST. 

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Bukan tanpa sebab, kematian Lee Sun Kyun ini disebut-sebut sebagai imbas dirinya yang terseret kasus penyalahgunaan narkoba. Lee Sun Kyun sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka pada Oktober lalu.

Ayah dua orang anak ini juga diketahui telah menjalani tiga kali penyelidikan oleh pihak kepolisian Incheon. Bahkan sebelum meninggal aktor Parasite ini harus menjalani 19 jam penyelidikan di kantor polisi.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Ahli soroti kematian tragis aktor Lee Sun Kyun

Photo :
  • KBIZoom

Bahkan sebelum ditemukan tewas dengan briket arang di samping kursi penumpang. Lee Sun Kyun diketahui sempat meminta pihak kepolisian untuk mengadakan pemeriksaan menggunakan lie detektor.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Namun permintaan tersebut ditolak oleh kepolisian. Kematian mendadak Lee Sun Kyun, ini membuat masalah tanggung jawab pihak polisi terangkat.

Para ahli menunjukkan bahwa informasi investigasi rahasia polisi bocor secara eksternal sebelum Lee Sun Kyun dipanggil, dan Lee Sun Kyun tidak cukup terlindungi dalam hal haknya untuk membela diri.

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Instagram @beloved_leesunkyun

Beberapa bahkan berpendapat bahwa tragedi naas itu berasal dari pengungkapan kehidupan pribadi selama proses penyelidikan polisi.

Kabar kematian Lee Sun Kyun ini juga membuat seorang Profiler (profesi yang tugasnya menganalisa suatu kasus untuk memperoleh gambaran mengenai pelau kejahatan) dari Departemen Administrasi Kepolisian Universitas Woosuk Profesor Bae Sang Hoon angkat bicara mengenai kasus ini.  menyatakan hal ini.

Profesor Bae menganalisis bahwa sosok Lee Sun Kyun tidak akan membuat pilihan ekstrem hanya karena dia memiliki sesuatu untuk disembunyikan tentang narkoba.

Lee Sun Kyun diperiksa di kantor polisi atas kasus penggunaan narkoba

Photo :
  • Koreaboo

“Selama proses investigasi polisi, kehidupan pribadinya benar-benar terbuka dan kehormatannya dikompromikan, (secara psikologis) menyebabkan kesusahan,” ujar Prof Bae. 

”Fakta bahwa Lee Sun Kyun meminta tes pendeteksi kebohongan sehari sebelum kematiannya ini berarti dia cukup marah. Psikologi memiliki ambivalensi (koeksistensi keadaan emosi yang saling bertentangan),” tambah Profesor Bae.

“Sangat tepat untuk mengatakan bahwa dia membuat (pilihan ekstrem) karena runtuhnya emosi yang terkait dengan ketidakadilan dan kemarahan,” jelasnya.

Profesor Bae menekankan bahwa karena Lee Sun Kyun adalah seorang aktor yang mencari nafkah dengan citranya, mak dari itu polisi seharusnya lebih memperhatikan keamanannua selama proses penyelidikan.

Namun paparan informasi rahasia ke publik, termasuk kehidupan pribadi, menyebabkan tekanan psikologis lebih lanjut bagi Lee Sun Kyun.

Profesor Bae berpendapat bahwa polisi menekan Lee Sun Kyun dengan membocorkan petunjuk yang dapat menyiratkan hubungan antara dia dan kepala perusahaan hiburan A.

"Terus-menerus membocorkan petunjuk secara eksternal tentang hubungan mereka mungkin telah menekan Lee Sun Kyun. Setelah dia membantah menggunakan narkoba, komentar tentang hubungannya dengan A berlanjut. Pada akhirnya, dia jatuh ke dalam ‘lubang’,” jelas dia lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya