Leh Uga Idenya, Strategi Kampanye Komeng yang Kocak Jadi Ikut Disorot Ridwan Kamil

Eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Pemprov Jabar

VIVA Showbiz – Publik dibuat terkejut dengan foto nyeleneh Alfiansyah Bustami alias Komeng di surat suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 kemarin. Jika biasanya para Caleg berpose dengan formal, komedian itu justru berpose dengan wajah yang lucu hingga mengundang komentar kocak netizen.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Komeng diketahui maju sebagai caleg DPD Jawa Barat dan kini sudah mendapatkan banyak suara dibandingkan beberapa calon lainnya. Yuk, scroll untuk tahu informasi lengkapnya.

Viralnya Komeng menjadi caleg ini juga disoroti oleh Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengunggah video Komeng ketika sedang dalam acara stand up comedy. Di situ, Komeng membahas strategi apabila dirinya menjadi caleg namun dengan penyampaian yang kocak.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Strategi Komeng untuk pemilihan Senator DPD di Jawa Barat. Mohon disimak untuk jadi referensi di masa depan," kata Ridwan Kamil di Instagram, dikutip Kamis 15 Februari 2024.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Di video stand up comedy itu, Komeng menceritakan bagaimana ia awalnya memulai kampanye sebagai caleg di daerah pilihannya. Untuk mendapatkan modal, ia terpaksa menjual rumah hingga dimarahi oleh tetangga. Bagaimana tidak, rupanya yang ia jual bukan rumahnya sendiri melainkan rumah tetangganya.

"Untuk jadi anggota dewan saya perlu modal yang besar, rumah mau dijual, emak nggak marah, bapak nggak marah, warga nggak marah, tetangga marah," kata Komeng.

"Orang rumah dia yang gue jual," tambahnya.

Strategi berikutnya untuk mulai kampanye adalah mengumpulkan banyak orang untuk menjadi tim suksesnya. Ia mencari dukungan dari 100 warga sekitar dan 2 dari sahabat dekatnya yakni Adul dan Daus Mini.

"Duit udah dapat buat modal, akhirnya saya membuat tim sukses. Saya kumpulin orang-orang semua, warga saya kumpulin jadi tim sukes ada sekitar 102 yang 2 tambahan, Daus Mini sama Adul," jelasnya.

Modal sudah terkumpul dan tim sukses sudah dibentuk, lantas Komeng memerintahkan untuk segera memasang fotonya di baliho agar ia semakin banyak orang. Herannya, langkah ini sepertinya tidak berhasil karena saat keluar rumah banyak orang yang tidak mengenalinya.

"Tapi saya keluar rumah mau kampanye orang-orang pada nggak kenal. Ini orang gimana sih masang foto begitu banyak kok pada nggak kenal? Saya lihat foto saya 3x4 yang dipasang," ujarnya.

Alhasil, dalam materi komedinya itu, Komeng memanggil ketua tim suksesnya yang dianggap tidak bisa bekerja. Alih-alih memasang poster yang besar, ia justru mencetak foto 3x4 seperti persyaratan pembuatan KTP saja.

Komeng pun memberikan instruksi agar foto yang dipajang di pinggir jalan ukurannya lebih besar lagi.

"Susah banget. Akhirnya semua jadi, baliho dipasang, gambar saya gede saya suruh turunin," ujar Komeng.

"Saya lagi mandi fotonya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya