Profil Mukesh Ambani, Crazy Rich India Undang Banyak Pesohor di Pernikahan Anak

Mukesh Ambani
Sumber :
  • http://www.ibtimes.com

India – Mukesh Ambani merupakan salah satu orang terkaya dunia asal India yang telah segera menikahkan putra bungsunya, Anant Ambani. Pesta pranikah dilaksanakan berhari-hari dan digadang-gadang sangat mewah sejak tanggal 1 sampai 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat. 

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Pesta pranikah ini dilaksanakan dengan bintang tamu kelas dunia. Tamu undangan dalam acara ini adalah Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Bill Gates (pendiri Microsoft), dan Hilary Clinton (Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat). 

Masih ada Sundar Pichai (CEO Google), Ivanka Trump (Putri dari mantan Presiden AS, Donald Trump), Bob Iger (Mantan CEO Disney), Gautam Adani (Miliarder dan pengusaha India), hingga Kumar Mangalam Birla (Pengusaha dan ketua Aditya Birla Group).

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Sementara untuk penampilan spesial, Mukesh memilih Rihanna sebagai penyanyi di pernikahan sang anak dengan bocoran biaya Rp78 miliar serta David Blaine untuk penampilan sulap. Nah, berikut sosok Mukesh Ambani selengkapnya. 

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Profil Mukesh Ambani

Mukesh D. Ambani

Photo :
  • http://money.cnn.com

Mukesh Ambani adalah pria kelahiran 19 April 1957, Aden, Yaman. Ia merupakan seorang maestro bisnis India, ketua dan direktur pelaksana konglomerat India Reliance Industries Limited (RIL), perusahaan terkemuka dari konglomerat energi dan material India, Reliance Group.

Ambani adalah satu dari empat bersaudara Dhirubhai Ambani yang pertama kali bekerja sebagai petugas pompa bensin. Karena iklim politik yang semakin tidak stabil di Aden, tempat Mukesh dilahirkan, keluarga tersebut pindah pada tahun 1958 ke lingkungan Bhuleshwar di Bombay (sekarang Mumbai). 

Pada awalnya, mereka tinggal di sebuah rumah petak. Pada tahun yang sama, Dhirubhai dan sepupunya mendirikan Reliance Commercial Corporation, yang berkembang menjadi RIL dari bisnis perdagangan komoditas yang awalnya mereka jalankan dari ruang sewa satu kamar.

Pendidikan Ambani

Chairman Reliance Industries, Mukesh D Ambani

Photo :
  • thehindu.com

Ambani memperoleh gelar sarjana teknik kimia dari Universitas Bombay (sekarang Universitas Mumbai) dan kemudian mengejar gelar master di bidang administrasi bisnis dari Universitas Stanford. Namun, ia keluar dari program tersebut pada tahun 1981 untuk bergabung dengan bisnis keluarga. 

Ketika itu, ia bekerja untuk mendiversifikasi perusahaan, merambah ke berbagai bidang, termasuk komunikasi, infrastruktur, petrokimia, penyulingan minyak bumi, serat poliester, serta produksi gas dan minyak. Pada tahun 2004, ia dinobatkan sebagai salah satu pemimpin bisnis paling dihormati di dunia oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers.

Melanjutkan Karier

Mukesh Ambani

Photo :
  • http://www.ibtimes.com

Setelah kematian Dhirubhai pada tahun 2002, Ambani dan saudaranya, Anil, mengambil alih kepemimpinan bersama di perusahaan Reliance. Namun, perselisihan kakak beradik atas kendali mendorong ibu mereka, Kokilaben Ambani, untuk membagi aset Reliance melalui perjanjian nonkompetisi (2006–10). 

Mukesh mengambil kendali atas unit gas, minyak, dan petrokimia sebagai RIL di bawah payung Reliance. Ambani telah berjasa menciptakan kilang minyak bumi baru yang terbesar di dunia serta mempelopori pembangunan beberapa fasilitas manufaktur canggih yang meningkatkan kemampuan produksi RIL secara signifikan.

Terpilih Sebagai Ketua WEF

World Economic Forum.

Photo :
  • Dokumentasi Kominfo.

Ambani terpilih pada tahun 2006 untuk menjadi ketua bersama India Economic Summit di World Economic Forum (WEF), sebuah organisasi internasional yang terdiri dari beberapa pemimpin bisnis, politisi, pembuat kebijakan, cendekiawan, filantropis, anggota serikat pekerja, dan perwakilan organisasi non-pemerintah terkemuka di dunia. 

Organisasi ini menggelar pertemuan setiap tahun untuk membahas perdagangan global, pembangunan ekonomi, keprihatinan politik, dan isu-isu sosial yang penting. Pada tahun 2010 ia terpilih menjadi anggota Dewan Yayasan WEF.

Menjadi Orang Terkaya

Antilia, rumah megah Mukesh Ambani

Photo :
  • jevrie-island.webnode.com

Pada tahun 2010-an Ambani mulai membangun Jio Platforms, anak perusahaan RIL yang didedikasikan untuk telekomunikasi dan e-commerce. Pada tahun 2016 merek Jio menawarkan jaringan nasional pertama untuk layanan broadband 4G.

Ambani menjadi triliuner rupee pertama di India pada tahun 2007, dan pada tahun itu surat kabar The Economic Times dan kantor berita Press Trust of India menobatkannya sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai Rp1.834 triliun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya