Begini Cara Inara Rusli Mendidik Anak Supaya Terhindar dari Bullying

Inara Rusli
Sumber :
  • IG @mommy_starla

JAKARTA – Maraknya kasus bullying yang terjadi di kalangan anak muda Indonesia belakangan ini membuat siapapun mengelus dada. Termasuk Inara Rusli yang punya 3 anak masih bersekolah, ia juga tidak bisa mengawasi anak-anaknya 24 jam penuh karena kesibukannya bekerja. Inara Rusli sendiri selalu mengajarkan anak-anak agar tidak bersikap buruk pada orang lain apalagi membully.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Inara Rusli mendidik anaknya sebaik mungkin dan mengajarkan mereka untuk selalu merangkul teman-temannya. Inara Rusli juga membiasakan anak-anak memberikan dukungan pada orang lain terutama teman terdekat yang sedang membutuhkan bantuan. Scroll lebih lanjut.

"Aku nggak akan pernah mau anak-anak tuh ngebully anak orang. Bahkan kalau perlu mereka harus bisa meng-encourage anak orang yang mungkin kekurangan rasa percaya diri mereka," kata Inara Rusli, ditemui di kawasan Cawang, Jakarta, Kamis 7 Maret 2024.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Setiap orang tua memang punya cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya. Tetapi bagi Inara Rusli, yang terpenting adalah anak-anak tahu bagaimana caranya untuk peduli terhadap orang di sekitar dan tidak ragu untuk mengulurkan tangannya.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Karena background parenting orang kan berbeda-beda ya. Jadi aku pengen mereka tuh jadi anak yang helpful gitu yang benar-benar menolong sesama temannya, untuk bisa 'ayo kita bangun apa, yuk main sama-sama'," jelas Inara Rusli.

Di samping memberikan edukasi tersebut, Inara Rusli berharap anak-anaknya terjauhkan dari tindak bullying baik sebagai korban ataupun pelaku. Ia yakin jika anak-anaknya punya sifat yang penolong dan punya rasa peduli tinggi, pasti mereka bisa menjadi penengah jika melihat teman yang bermasalah.

"Jadi meng-encourage sesama anak-anak yang lain gitu. Kalaupun ada yang di-bully ya mereka harapan aku menjadi anak-anak yang bisa menjadi penengah gitu," tambahnya.

Inara Rusli.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

Mendidik anak sebaik mungkin tidak menjadikan Inara Rusli orang tua yang ketat akan peraturan. Meski suka bersikap tegas, tetapi Inara Rusli cenderung memberikan kebebasan pada anak-anak terutama dalam menentukan pilihan. Bagi mantan istri Virgoun itu, anak-anak perlu belajar caranya membuat keputusan sejak dini dan berani menyuarakan keinginannya pada orang lain.

"Aku selalu membebaskan mereka untuk menentukan pilihan sih. Pilihan yang kelihatannya mungkin sepele buat kita orang dewasa ya, tapi untuk mereka tuh sangat  berarti, misalnya kaya milih warna baju yang mau mereka pakai. Terus misalkan mau ngegambar gambar apa ya, ini atau ini. Jadi aku selalu ngasih mereka tuh opsi-opsi yang mana intinya terserah mereka," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya