Profil Ade Paloh Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Ade Paloh
Sumber :
  • Instagram @batubata_merah

Jakarta – Dunia musik Indonesia berduka atas kepergian Ade Paloh, vokalis band Sore. Pemilik nama asli Firza Achmar Paloh tersebut meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024. Kabar ini diumumkan oleh pengamat musik Adib Hidayat melalui akun Instagramnya.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Dikatakan oleh Adib Hidayat bahwa Ade Paloh yang juga pencipta lagu band Sore meninggal dunia karena sakit. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya.

"Berita duka, Ade Paloh @batubara_merah vokalis dan pencipta lagu dair @sorezeband wafat pada Selasa 19 Maret 2024 karena sakit," tulis Adib Hidayat yang dikutip pada Selasa, 19 Maret 2024. 

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Profil Ade Paloh

Ade Paloh

Photo :
  • Instagram
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ade Paloh lahir pada 29 Maret 1976 dan menghembuskan napas terakhirnya saat berusia 48 tahun. Sejak tahun 2003, ia telah menjadi vokalis dan gitaris untuk band Sore bersama dengan Awan Garnida (bass, vokal) dan Bemby Gusti (drummer, perkusi, vokal).

Band Sore sendiri terbentuk pada tahun 2002 oleh Ade Paloh, Mondo Gascaro, dan Awan Garnida, yang sudah berteman sejak kecil. Awan Garnida juga mengajak Bemby Gusti dan Reza Dwiputranto untuk bergabung. Ade Paloh adalah vokalis dan gitaris, sementara anggota lainnya memegang peran yang berbeda.

Vokalis Band Sore

Ade Paloh

Photo :
  • Instagram @batubata_merah

Hal yang menarik tentang Sore adalah semua anggota band, termasuk Ade Paloh, bermain musik dengan kidal atau tangan kiri. Band ini telah merilis beberapa album solo dan album kompilasi.

Album pertama mereka, "Centralismo", dirilis pada tahun 2005 dan menerima pujian dari Majalah Time Asia dan Rolling Stone Indonesia. Mereka meraih penghargaan dalam AMI Awards 2023 untuk Duo/Grup/Kolaborasi/Alternatif Terbaik dan Album Alternatif Terbaik.

Pernah Nyaleg

Selain menjadi musisi, Ade Paloh juga terlibat dalam dunia politik. Pada Pemilu 2024, dia mencalonkan diri sebagai caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem untuk daerah Matraman, Pulogadung, dan Cakung.

Ternyata, Ade Paloh dan Surya Paloh memiliki hubungan keluarga. Ayah Ade Paloh diketahui adalah kakak pertama dari Surya Paloh, yaitu Rusli Paloh. Jadi, Ade merupakan keponakan dari Ketua Umum Partai Nasdem tersebut.

Rusli Paloh bersama dengan Surya Paloh adalah pendiri Partai Nasdem. Sayangnya, ayah Ade telah meninggal lebih dulu pada tanggal 18 Desember 2019 lalu karena sakit jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya