Lima Seleb Dunia Buka-bukaan Soal Depresi

Halle Berry
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA – Depresi adalah kondisi mood serius yang banyak dialami. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami perasaan putus asa, takut, dan cemas yang berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Tetapi, orang sering takut untuk mengakui bahwa mereka tengah berjuang dengan itu dan perasaan yang terkait. Stigma masyarakat terhadap penderita depresi, juga menjadi sebab banyak orang enggan buka suara.

Namun, ada banyak selebriti yang telah terbuka tentang depresi mereka, dan bagaimana hal itu tidak sesuai dengan kepribadian publik mereka.

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Berikut, lima selebriti yang buka-bukaan mengenai depresi, seperti dikutip dari laman Healthline, Selasa 19 Desember 2017:

Jim Carrey 

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

Pada 2004, Carrey mulai berbagi cerita perjuangannya melawan depresi. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan bahwa ia menemukan selera humornya dari kesedihan: "Saya memiliki seorang ibu yang sakit, kawan. Aku ingin membuatnya merasa lebih baik. "

J.K. Rowling

Meski J.K. Rowling, penulis buku Harry Potter, adalah salah satu penulis paling terkenal dan sukses di dunia, namun ia telah mengalami perjuangan yang luar biasa. Rowling telah berbicara tentang masa-masa kelamnya ini, dan bahkan mengaku bahwa dia memiliki pikiran untuk bunuh diri.

J.K. Rowling

Rowling mencari pengobatan dalam bentuk terapi perilaku kognitif. Terapi ini melibatkan seseorang membantu mengidentifikasi pikiran yang mungkin berbahaya dan membuat perubahan perilaku yang mendukung keadaan kesehatan mental yang lebih baik.

Rowling terus berbicara tentang pentingnya bersikap terbuka tentang perjuangan dengan penyakit jiwa, dengan mengatakan: "Saya tidak pernah merasa malu karena tertekan. Tak pernah. Apa yang harus dipermalukan? Saya mengalami masa-masa sulit dan saya cukup bangga bahwa saya bisa keluar dari situ."

Halle Berry

Aktris dan pemenang Oscar Halle Berry mengakui, perceraiannya dari suaminya membuatnya depresi berat, dan membuatnya beralih ke terapi. Dia memuji sesi terapi lanjutannya dengan membantunya belajar menghadapi dan menjalani pemikiran depresi, dengan mengatakan:

"Orang-orang masih mengasosiasikan terapi dengan menjadi gila. Tapi saya pikir, Anda gila jika Anda tidak akan mempertimbangkan untuk mendapatkan bantuan untuk diri Anda sendiri - untuk mempelajari alat untuk mengatasi masalah dalam hidup Anda."

Kristen Bell

Aktris Kristen Bell telah menekankan pentingnya dukungan bagi mereka yang memiliki penyakit jiwa, dengan mengatakan bahwa mendapatkan perawatan untuk penyakit jiwa sama pentingnya dengan mencari pengobatan untuk penyakit fisik.

Dalam sebuah esai untuk majalah Time, Bell menulis, "Saya merasa tidak berharga, seperti tidak ada yang saya tawarkan, seperti saya adalah sebuah kegagalan. Sekarang setelah mencari pertolongan, saya dapat melihat bahwa pikiran itu, tentu saja, tidak mungkin lebih salah."  

Dia mengatakan bahwa penting untuk diingat bahwa tidak ada orang yang sempurna dan bahkan seseorang dengan kehidupan yang tampaknya sempurna dapat berjuang melawan depresi.

Kendrick Lamar

Rapper pemenang Grammy, Kendrick Lamar memiliki karier musik yang sukses, dan ia menggunakan musiknya untuk berbicara tentang perjuangan pribadinya dengan depresi dan pemikiran bunuh diri.

Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone dia berkata, "Sebagai anak dari Compton, Anda bisa mendapatkan semua kesuksesan di dunia dan masih mempertanyakan nilai Anda."

Dalam lagunya, berjudul 'U', ia berbicara tentang keraguan dirinya: "Ada beberapa saat yang sangat gelap. di sana. Semua ketidakamanan dan keegoisan, serta kekecewaan saya ... Tapi ini membantu." (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya