Sedih, Ini Kisah Tragis di Balik Lagu 'Joanne' Lady Gaga

Lady Gaga
Sumber :
  • youtube

VIVA – Pada Oktober 2017 lalu, Lady Gaga merilis album baru. Album tersebut menjadi kali pertama Gaga mengubah gaya musiknya dari synths pop ke gaya blues dan Rock Amerika.

Bosan Peran Serius, Lady Gaga Minat Main Film Komedi

Tak hanya mengganti aliran musik, salah satu yang menarik perhatian adalah lagunya yang berjudul 'Joanne'. Lirik dalam lagu Joanne sangat dalam dan penuh kesedihan. Menceritakan tentang seorang gadis belia bernama Joanne yang bersiap menghadapi kematian.

Sebelum dirilis, banyak yang bertanya-tanya, siapakah Joanne sebenarnya, wanita yang menginspirasi Gaga dalam lirik lagunya.

Bintangi Film House of Gucci, Aksen Italia Lady Gaga Menuai Kritik

Dilansir laman Telegraph, Gaga mengaku bahwa sosok Joanne adalah kakak dari ayahnya yang sudah tiada. Gaga sendiri belum pernah bertemu Joanne. Bibinya itu meninggal jauh sebelum Gaga lahir.

Meski tidak mengenal Joanne secara langsung, Gaga mengaku merasa punya keterikatan batin dengan Joanne. Karena sang ayah ternyata memberi nama tengah Gaga dengan Joanne.

Cerita Soal Film Baru, Lady Gaga Pose Bugil untuk Majalah

"Saya belum pernah mengenalnya, tapi saya merasa terikat. Nama Bibi saya Joanne Germanotta. Persis seperti nama asli saya Stefani Joanne Angeline Germanotta," ujarnya.

Seperti yang dikisahkan sang ayah kepada Gaga bahwa Joanne meninggal dunia karena penyakit autoimun (lupus) 12 tahun sebelum Gaga lahir.

Joanne lahir pada bulan Maret 1955 dan meninggal saat berusia 19 tahun. Meskipun singkat hidupnya, namun kisah-kisah perjuangan Joanne yang diceritakan sang ayah kepada Gaga, sukses memberikan pengaruh besar terhadap karier bermusik Gaga. Terlebih ternyata sepanjang hidup Joanne sangat gemar bermain musik, bernyanyi, menulis puisi dan melukis.

Pada tahun 2010, Gaga juga mengaku berhasil menghentikan kecanduannya terhadap obat penenang berkat semangat bibinya itu.

"Saya menyadari saudara perempuan ayah saya Joanne, yang meninggal pada usia 19, telah menanamkan semangatnya padaku. Dia adalah seorang pelukis dan penyair dan saya memiliki visi spiritual bahwa saya harus mewujudkan segala impiannya," ujar Gaga.

Selain pengaruh secara psikis, salah satu puisi Joanne yang tidak pernah diterbitkan berjudul 'For a Moment' dilampirkan Gaga dalam sampul albumnya 'The Fame' di tahun 2008.

Tak hanya itu, Joanne juga berperan dalam setiap tur yang diusung Gaga. 'Fame Ball Tour' salah satunya yang merujuk dengan julukan Joanne. Tanggal kematian Joanne 18 Desember 1974 juga tertulis di lengan kiri Gaga (tato).

Gaga mengatakan kepada salah satu media bahwa lagu Joanne ditulis bersama produsernya Mark Ronson di studio Shangri-La tempat album itu dibuat. Pertama kali dia memainkan lagu tersebut untuk ayahnya, yang membuka restoran bernama Joanne pada tahun 2012. Saat itu secara bersamaan, ayah dan produsernya menangis.

"Saya dan produser saya tak kuasa melihat raut wajah ayah yang menangis. Ia (ayah) langsung bertanya, bagaimana saya bisa menciptakan lagu dengan perasaan persis seperti yang ia rasakan." (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya