Pandemi, Musisi Lokal Andalkan Platform Streaming untuk Promosi Karya

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 menjadi tantangan baru untuk pelaku industri musik Tanah Air, terutama penyanyi dan grup musik yang harus membatalkan berbagai acara off air. Untungnya, platform streaming musik yang saat ini kian marak membawa angin segar bagi para musisi lokal.

Lakoni Peran Aksara di Film May Flies, Dion Wiyoko Terharu

Platform streaming musik kini juga semakin diandalkan musisi untuk mempromosikan karya-karya mereka. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu musisi pendatang baru asal Medan, Sumatera Utara, Oslo Ibrahim.

Baca Juga: Ada Mendiang Didi Kempot, Chrisye dan Glenn Fredly di Ultah JOOX Ke-5

Tak Sempat Nonton ke Bioskop? Film Barbie hingga The Meg 2 Resmi Tayang di Platform Streaming

Menurut Oslo, salah satu platform streaming musik yakni Resso, turut membantu mempromosikan karyanya di masa pandemi, melalui pemberdayaan musisi lokal melalui fitur dalam aplikasi dan program kolaboratif.

“Selama pandemi ini, tampaknya banyak musisi yang kehilangan cara untuk menjangkau para pendengar baru. Namun, dengan hadirnya platform musik digital, hal ini sangat membantu para musisi untuk mempromosikan karya-karya terbaru kami selama pandemi," ucap Oslo dalam keterangannya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Resmi Tayang, Losmen Melati The Series Raih Urutan Satu Penonton Terbanyak

Selain itu, manfaat platformi streaming musik juga dirasakan Romantic Echoes, proyek musik solo J. Alfredo. Dia mengatakan, selama pandemi kurang mendapatkan kesempatan untuk tampil tetapi promosi tetap bisa berjalan melalui platform streaming.

"Saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk tampil karena pandemi. Oleh karena it,  saya mencari cara untuk untuk dapat terhubung dengan penggemar dan mempromosikan musik saya melalui platform digital," kata J. Alfredo.

Sementara itu, Christo Putra, Head of Music and Content Resso Indonesia menjelaskan bahwa platform streaming musik membuat musisi dapat mendistribusikan musik mereka di mana pun mereka berada.

"Teknologi memungkinkan kita untuk melampaui batas geografis. Musisi, di mana pun mereka berada, dapat mendistribusikan musik mereka melalui berbagai platform, termasuk platform streaming musik digital," kata Christo.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan musisi dan penggemar untuk terhubung dan mempromosikan lagu mereka melalui beragam fitur yang berbeda. Salah satunya fitur comment.

"Fitur di mana penggemar dan artis musik dapat berdiskusi. Fitur terobosan yang hadir di Resso, yang memungkinkan penggemar dan artis lebih dekat dari sebelumnya," katanya.

Lalu, ada juga fitur lyric quotest, di mana penggemar dapat mengekspresikan dirinya dengan membagikan bagian lirik yang diinginkan ke media sosial, dan memungkinkan mereka untuk menyesuaikan latar belakang sesuai dengan keinginan mereka.

"Tentunya ini membuka pintu bagi musik saya untuk ditemukan oleh para pendengar baru. Membaca komentar orang-orang tentang lagu saya menjadi hal yang menarik dan berbeda. Bagi musisi lokal seperti saya, hal ini memberikan harapan bahwa dari mana pun kita berasal, musik merupakan bahasa universal yang bisa dinikmati semua orang," kata J. Alfredo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya