10 Penggalan Lirik dari Bob Marley yang Sangat Menginspirasi

Bob Marley
Sumber :
  • IG @bobmarley

VIVA – Lagu milik Bob Marley tetap akrab di telinga smapai saat ini. Ia dikenal karena sosok yang sangat ikonik dan lirik dalam lagu yang mudah diingat ditambah musik rege. 41 tahun setelah kepergiannya, lagunya masih tetap ada.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Berikut 10 potongan lirik inspiratif dari lagu ciptaan atau yang pernah dipopulerkan Bob Marley.

1. Don’t worry about a thing, every little thing is gonna be alright (Jangan khawatir tentang apa pun, setiap hal kecil akan baik-baik saja)

Lagu "Jangan Pernah Menyerah" Lenny Hartono Nyaris Bersanding "Kita Bikin Romantis"

Kutipan ini diambil dari lagu Three Little Birds, dan mungkin merupakan salah satu kutipan paling populer dari legenda rege. Lirik itu mengingatkan untuk tetap positif meskipun ada kesulitan, karena segala sesuatunya akan menjadi lebih baik pada akhirnya.

2. One love, one heart. Let’s get together and feel alright. (Satu cinta satu hati. Mari berkumpul dan merasa baik-baik saja)

Kembali Bermusik, Risty Tagor Kolaborasi dengan Ang Sharly

Diambil dari lagu yang sangat populer One Love/ People Get Ready, Bob Marley mengingatkan, ada kekuatan dan kedamaian dalam persatuan.

3. Emancipate yourself from mental slavery. None but ourselves can free our minds (Bebaskan dirimu dari perbudakan mental. Tidak seorang pun kecuali diri kita sendiri yang dapat membebaskan pikiran kita)

Lirik itu berasal dari Redemption Song, sebuah lagu yang dijuluki sebagai lagu paling berpengaruh dalam sejarah musik Jamaika. Sebagian lirik dilaporkan diambil dari pidato pahlawan nasional pertama Jamaika, Marcus Garvey, yang disampaikan di Menelik Hall di Nova Scotia, Kanada, pada Oktober 1937.

Ilustrasi/Penyanyi legendaris Bob Marley

Photo :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

Bob Marley menambahkan melodi pada kata-kata ini mendorong pendengar untuk percaya, hanya mereka memiliki kendali atas pemikiran mereka.

4. One good thing about music, when it hits you, you feel no pain (Satu hal yang baik tentang musik, ketika itu menyentuh Anda, Anda tidak merasakan sakit)

Ini adalah baris pembuka untuk lagunya Trench Town Rock. Terluihat gamabran sifat optimis dari lagu tersebut.

5. Get Up, stand up, stand up for your rights. Don’t give up the fight (Bangun, berdiri, berdiri untuk hak-hak Anda. Jangan menyerah untuk berjuang)

Bob Marley juga menggunakan musiknya untuk mengadvokasi keadilan sosial. Contohda dalam lirik ini, yang diambil dari lagu Get Up, Stand and Up, sering menjadi seruan bagi orang-orang untuk membela diri.

6. Until the philosophy which holds one race superior, and another inferior, is finally and permanently discredited and abandoned, everywhere is war (Sampai filosofi yang menganggap satu ras lebih unggul, dan yang lain lebih rendah, akhirnya dan secara permanen didiskreditkan dan ditinggalkan, di mana-mana adalah perang)

Dalam lagunya War, Bob Marley menegaskan dunia akan berada dalam keadaan chaos sampai rasisme berakhir.

Ilustrasi orang percaya diri.

Photo :
  • U-Report

7. We've got a mind of our own. So go to hell if what you're thinking is not right (Kami punya pikiran sendiri. Jadi pergilah ke neraka jika apa yang Anda pikirkan tidak benar)

Bob Marley berbagi pandangan tentang tekanan teman sebaya dalam lagunya Could You Be Loved dan mendorong pendengar untuk percaya pada diri mereka sendiri.

8. Tis he who fight and run away, Live to fight another day (Dialah yang bertarung dan melarikan diri, Hiduplah untuk bertarung di lain hari)

Dalam lagunya Heathen, Bob Marley memberi tahu, terkadang tidak apa-apa untuk menjauh dari situasi yang menantang, menyusun strategi, dan kembali lagi.

9. Only your friend know your secrets. So only he could reveal it (Hanya temanmu yang tahu rahasiamu. Jadi hanya dia yang bisa mengungkapkannya)

Kutipan dari lagu Who The Cap Fit ini mengingatkan untuk berhati-hati terhadap orang yang kita percaya.

10. Say you just can't live that negative way. If you know what I mean. Make way for the positive day (Katakan Anda tidak bisa hidup dengan cara negatif seperti itu. Jika kamu tahu maksud saya. Beri jalan untuk hari yang positif)

Bob Marley memperjuangkan pemikiran positif dalam lagunya Positive Vibrations dan mendorong semua orang untuk mengubah cara berpikir mereka untuk menjalani kehidupan yang bahagia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya