Sejarah Dangdut Koplo, Genre Musik Populer yang Mendunia

Dangdut Koplo ANTV Logo ads
Dangdut Koplo ANTV
Sumber :
  • Instagram ANTV

VIVA – Dangdut merupakan salah satu genre musik yang digemari oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Dengan perkembangan zaman, dangdut koplo pun mulai diminati kembali bahkan oleh anak-anak muda.

Bagaimana tidak, musik dangdut koplo saat ini mulai disukai anak muda lantaran mudah didengar. Selain itu, para penyanyi dangdut juga memiliki suara yang khas dengan gaya yang kekinian. Lantas, bagaimana sejarah dari dangdut koplo? Berikut ulasannya dari laman IntipSeleb.

Sejarah dangdut koplo

Musik dangdut berasal dari upaya pengembangan musik melayu yang diberi tambahan instrumen atau alat musik sehingga lebih rancak, variatif, dan dapat memukau para pendengarnya serta enak untuk dinikmati para pendengarnya. Pada mulanya, belantika musik di tanah air telah lama dihiasi oleh alunan-alunan musik melayu yang perkembangannya cukup baik dan dapat bertahan sampai sekarang.

Utamanya dangdut koplo didukung para penyanyi dan pujangga melayu pembuat syairnya. Sehingga mampu mengantarkan musik dangdut menjadi cukup populer di tanah air.

Kepopuleran musik dangdut semakin memotivasi para senimannya untuk melakukan modifikasi dan inovasi baru dengan kreativitas yang dimilikinya, agar musik dangdut lebih terkesan variatif dan enak untuk dinikmati para penggemarnya dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Maka musik dangdut menjadi semakin terkenal dan menjadi sorotan publik serta media massa

Serupa dengan sub genre dangdut yang lain, dangdut koplo juga mengandalkan gendang sebagai instrumen utamanya. Hanya saja, dangdut koplo memiliki ciri khas pada tempo dan pemain gendangnya lebih dominan dibanding instrumen lainnya