5 Pencipta Lagu Anak Indonesia Paling Top, Bikin Rindu Masa Kecil

Saridjah Niung atau Ibu Sud
Sumber :
  • Wikimedia

VIVA Showbiz – Masa kecil kita pasti terlepas dari lagu anak-anak. Bahkan, lagu-lagu tersebut masih sering kita dengar dan nyanyikan sampai sekarang. Namun demikian, kejayaan musik anak-anak mulai meredup. Kebanyakan anak di era modern saat ini terkontaminasi dengan lagu bertema cinta-cintaan.

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

Bicara soal lagu anak, tentu, semua itu tidak akan pernah ada tanpa campur tangan dari para pencipta lagu anak. Nah, siapa saja deretan pencipta lagu anak di Indonesia? Simak ulasan VIVA yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Ibu Sud

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Saridjah Niung atau Ibu Sud

Photo :
  • Wikimedia

Tentu kamu pernah menyanyikan lagu, bukan? Lagu "Naik Delman" ini dibuat oleh Ibu Soed. Salah satu pencipta lagu anak yang sudah banyak melahirkan lagu-lagu favorit anak sepanjang masa seperti Anak Kuat, Burung Kutilang, Kupi-kupu yang Lucu, Tanah Airku, dan masih banyak lagi.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Ibu Saridjah Niung lahir di Sukabumi pada 26 Maret 1908. Kini beliau tidak aktif lagi menciptakan lagu anak karena telah meninggal pada 12 Desember 1993 di usianya yang ke- 85. Beliau memang memiliki latar belakang di bidang musik, yaitu piawai bermain alat musik biola.

Ia dikenal sebagai seseorang yang berbakat, terbukti dari banyak aktivitas yang ditekuni yaitu bukan hanya sebagai pencipta lagu anak, melainkan juga pemusik, guru musik, penyiar radio, dramawan bahkan seniman batik di Indonesia loh! tua, Ibu Soed sangat mencintai hingga lagu dan aktivitas membatik tanpa memperdulikan usia.

2. Pak Kasur & Ibu Kasur

lagu anak.

Photo :
  • http://sayangianak.com/download-lagu-anak-anak-gratis-di-marinyanyi/

Pak Kasur memiliki nama asli Pak Soerjono adalah seorang pendidik anak-anak. Beliau yang lahir di Purbalingga pada tahun 1912 ini ternyata bukan menjadi pencipta lagu melainkan juga banyak profesi lain seperti guru SD, pembawa acara radio dan televisi, bahkan juga merupakan anggota Badan Sensor Film di Indonesia.

Begitu pula dengan istrinya, Ibu Kasur. Beliau adalah pencipta lagu anak di Indonesia yang ternyata memiliki cerita romantis di awal pertemuan dengan Pak Kasur. Kota Bandung lah yang telah menjadi saksi romantika mereka bermula.

Sebelum menikah pada tahun 1946, mereka berdua bertemu di masa perjuangan Indonesia melawan jajahan Jepang. Saat itu, Pak Kasur adalah salah satu pejuang dari kawasan Jawa Barat. Kemudian, bertemu dengan Ibu Kasur yang ketika itu adalah seorang pengurus dari PMI.

Fakta terkait nama panggilan, Pak Kasur dan Bu Kasur ini berawal dari panggilan Kasur yang berasal dari kata Kak Sur. Saat itu, sapaan Kak Sur ini merupakan sebutan akrab Pak Kasur yang sesuai dengan nama tidur. Pada tahun 1960-an, Pak Kasur dan Ibu Kasur mengelola acara Taman Indria di TVRI.

3. Abdullah Totong Mahmud

Bapak A.T Mahmud merupakan salah satu pencipta lagu anak yang ada di Indonesia. Beliau lahir di Sumatera Selatan pada 3 Februari 1930. Namun pada tahun 2010 kemarin, beliau meninggal dunia.

Semasa hidup, pendidikan yang dicapai oleh beliau yaitu hingga Diploma pada tahun 1964. Selain menjadi komponis lagu anak, beliau juga seorang guru. Selain itu juga pernah bekerja di sebuah bank dan juga tergabung dalam acara televisi RI untuk acara lagu anak-anak “Ayo Menyanyi”.

Beberapa lagu milik A.T Mahmud yang masih menjadi favorit hingga saat ini yaitu Kereta Api, Bintang Kejora, Aku Anak Indonesia, dan masih banyak lagi.

4. Papa T Bob

Pemakaman mendiang almarhum Bob Tutupoly

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Papa T BoB memiliki nama asli Erwanda Lukas yang lahir pada 22 Oktober 1960. Semasa hidupnya, Papa T Bob tentu menghasilkan banyak lagu anak yang laku di pasaran sekaligus mengorbitkan penyanyi cilik. Dalam mecniptakan lagu, Papa T Bob ternyata punya cara tersendiri yang unik nih!

Kabarnya, beliau harus melihat wajah penyanyinya terlebih dahulu. Setelah bertemu, barulah Ia bisa membayangkan lagu seperti apa yang cocok. Maka, tatap muka sangat penting dalam proses menciptakan lagu anak yang kini masih menjadi favorit banyak anak di Indonesia.

5. SM. Mochtar

Aksi kocak dan menggemaskan anak-anak menyanyikan lagu Pangeran Dangdut secara lipsing yang viral di media sosial.

Photo :
  • VIVA/Instagram

Nama asli pak SM. Mochtar adalah Mochtar Embut. Beliau lahir di Sulawesi Selatan, tepatnya tanggal 5 Januari 1934. Sejak usia 5 tahun, pak Mochtar mulai menyukai musik lewat bermain piano. Kepiawaiannya dalam bermain piano merupakan hal otodidak.

Semasa hidup, beliau dikenal sebagai sosok yang suka bekerja. Banyak yang dikenal karena harmoni musik dan puisi yang menyatu dengan indah. Pak Mochtar juga merupakan orang Indonesia pertama yang memimpin orkes simfoni di Tokyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya