Dari Borobudur, Tanah Air Project Rilis Lagu Song Of Deliverance

Tanah Air Project
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Tanah Air Project, band bergenre rock asal Jakarta kembali merilis single terbaru mereka berjudul Song Of Deliverance. Sebagai informasi, band Tanah Air Project beranggotakan Vialinda (Vokal), Gerard Laisina (Gitar), Daniel Mantiri (Gitar), Ezekiel Rangga (Keyboard & Sequencer) dan Ardika Prayudha (Drum). 

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Tanah Air Project merilis karya single sesuai dengan ideologi bermusik mereka yang mengacu pada cerita nusantara dan semangat kebangsaan. Lagu Song Of Deliverance terinspirasi dari berdirinya Candi Borobudur, sebuah bangunan warisan dunia yang di akui UNESCO.

"Song Of Deliverance adalah karya yang mengangkat cerita Borobudur dari perspektif yang sedikit di luar dari bacaan sejarah yang biasa kita baca, yaitu bagaimana sebuah kerajaan yang berkuasa pada masa itu, mencoba membangun

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

sebuah identitas visual tentang kejayaan mereka dengan semangat kebersamaan dan sebagai lambang dominasi serta kekuatan dari sebuah pusat peradaban manusia yang berdiri dengan megah pada masa lalu, sekaligus sebuah tempat pencerahan bagi umat manusia," bunyi keterangan dikutip dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Lagu yang ditulis dan dikonsep sedari awal oleh Ezekiel Rangga, pemain keyboard sekaligus konseptor serta produser dari band Tanah Air Project ini pun dibungkus dengan tampilan visual yang sangat modern dan kaya akan nilai teknologi artistik. Asset dan Animasi yang dibangun, serta penggambaran-penggambaran cerita yang sederhana dengan dinamika transisi yang cepat mewarnai penggabungan antara unsur audio dan visual.

Genjot Kinerja 2024, SRC Bidik 4 Juta Pedagang Retail Tradisional yang Belum Dikelola dengan Baik

Pada saat konferensi pers di kawasan SCBD Jakarta, Ezekiel menjelaskan bahwa Tanah Air Project adalah buah dari pemikiran dirinya dan teman-teman dalam grup band tersebut. Vialinda selaku vokalis mengaku merasa senang karena bisa bergabung dengan Tanah Air Project.

"Jadi Tanah Air Project adalah pemikiran kita bersama, gua ada teman-teman," kata Ezekiel, belum lama ini.

"Senang dan tantangan banget sih. Di umur aku yang segini itu, lagu-lagunya gak seperti ini. Tapi sekarang aku diajakin buat projekan seperti ini, wah berbeda ini dengan teman-teman yang seperti ini. Jadi gas lah," kata Vialinda menambahkan.

Kemasan konten menggunakan unreal engine mewarnai tampilan visual konten mereka pada single kali ini, animasi serta aset karya Anggara Sunaryo (Abe). Hingga akhirnya menghasilkan satu kesatuan cerita yang elegan.

Selain itu di sisi lain, karya musik Tanah Air Project yang nge "rock" ini juga dikawinkan dengan elemen tari tradisional dan unsur musik tradisional garapan

Avadana Dance Studio, sekelompok seniman muda berbakat dari sanggar tari dan musik tradisional di daerah Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pimpinan Ganang dan Lisa. Tanah Air Project telah berhasil membuktikan bahwa mereka bukanlah band kemarin sore.

Mereka adalah sekelompok seniman muda kreatif berjiwa nasionalis yang secara sadar menciptakan karyanya dengan latar belakang cerita nusantara, semangat humanisme dan kebangsaan, serta perspektif berpikir tentang ke Indonesia yang kuat lewat jalan kebudayaan, karena bagi Tanah Air Project, kebudayaan Indonesia harus punya tempat di kancah Industri musik di negeri sendiri.

https://www.instagram.com/p/CgzHY7KPuSj/?igshid=NmNmNjAwNzg=

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya