Elek Yo Band, D'Masiv dan Setia Band Bakal Ramaikan Final Festival Suara Musik Jalanan

Festival Suara Musik Jalanan (FSMJ) 2022
Sumber :
  • Instagram

VIVA ShowbizFestival Suara Musik Jalanan (FSMJ) yang merupakan ajang kompetisi musik jalanan skala nasional segera memasuki babak final pada tanggal 10 November 2022 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Rama, Kiki Dmasiv dan Weda Mauve Menciptakan Magis Lewat Lagu Ini

Dalam kesempatan itu Elek Yo Band, sebuah grup band yang terdiri dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, akan memeriahkan Festival Suara Musik Jalanan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Elek Yo Band akan tampil bersama D'Masiv dan Charlie van Houtten (Setia Band). FSMJ terlaksana hasil kolaborasi antara Yayasan Bahtera Maju Indonesia, Institut Musik Jalanan dan TVRI Nasional yang telah berlangsung sejak 10 Oktober 2022 yang lalu.

Ditolak 7 Kali Jadi Alasan Rian Dmasiv Ciptakan lagu Cinta Ini Membunuhku

Elek Yo Band, grup musik bermaterikan para menteri Kabinet Indonesia Maju

Photo :
  • Instagram

“FSMJ  memberikan ruang ekspresi bagi saudara-saudara kita yang sehari-hari berprofesi sebagai musisi jalanan atau yang biasa disebut sebagai pengamen. Hari Pahlawan menjadi inspirasi agar kita senantiasa dapat menguatkan nilai-nilai perjuangan hidup kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia setelah berjuang melewati krisis hebat melawan pandemi COVID-19”, ujar Andi Malewa, dari Institut Musik Jalanan.

DMASIV Rayakan 20 Tahun Eksistensi dengan Tur Dunia

Malewa juga menjelaskan, peserta tak hanya mengandalkan kemampuan mengamen namun harus dapat bersaing di ajang yang lebih bergengsi.

"Karena pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah dengan total nilai sebesar Rp200 juta, dan kesempatan tampil di sejumlah simpul transportasi seperti stasiun, terminal dan bandara," tuturnya.

Budi Karya Sumadi, yang menjadi salah satu personel Elek Yo Band, menyambut baik festival tersebut. "Kami mengapresiasi langkah Institut Musik Jalanan ini. Insya Allah, saya akan tampil bersama Pak  Basuki Hadimuljono, Pak Teten Masduki, serta Pak Triawan Munaf," ujarnya.

Adapun Ketua Yayasan Bahtera Maju Indonesia, Wihana Kiranajaya, menegaskan komitmen Yayasan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat, termasuk kepada para pengamen jalanan.

“Yayasan Bahtera Maju Indonesia memiliki misi untuk membantu masyarakat Indonesia untuk lebih berdaya dan kuat secara ekonomi. Kami telah melakukan program pemberdayaan masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya, yang akan terus kami perluas ke daerah-daerah lain,” jelasnya.

Hingga saat ini tak kurang dari 160 peserta yang datang dari seluruh Indonesia, baik perorangan maupun grup, telah mengikuti seleksi FSMJ. Seleksi dilakukan berdasarkan video demo yang dikirimkan oleh peserta.

Kriteria penilaian didasarkan pada aransemen, harmonisasi artikulasi vokal dan penampilan. Ada 2 ketentuan wajib yang harus dipenuhi peserta yaitu :

1. Membawakan karya lagu sendiri dengan tema kepahlawanan, dan
2. Membawakan lagu yang sudah dikenal publik dengan tema kepahlawanan.

Setelah dilakukan kurasi kembali,  telah terpilih 10 kelompok musisi jalanan yang lolos ke babak final & akan tampil secara langsung di TVRI nasional pada  10 November 2022.

Adapun dewan juri yang akan terlibat dalam penentuan 5 besar nanti adalah :

1. Andi Malewa - Praktisi Musik Jalanan dan Pendiri Institut Musik Jalanan
2. Yoyik Lembayung - KPJ Bulungan
3. Alvon Malioboro - Pegiat seni musik dan sanggar Notoyudan Yogyakarta

Selanjutnya, lima penampil terbaik dari semifinal akan tampil dalam final.

"Dan akhirnya kami akan memilih tiga peserta terbaik dalam malam Grand Final, yang akan dilaksanakan pada Kamis, 10 November 2022 di studio TVRI," ucap Malewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya