BBI BBI yang Dinyanyikan IU Dituding Hasil Plagiat, Penulis Lagu Angkat Bicara

Lee Ji Eun alias IU.
Sumber :
  • Instagram/@dlwlrma

VIVA Showbiz – IU baru-baru ini dituduh melakukan plagiarisme dengan gugatan yang ditujukan terhadap enam lagunya. Salah satu lagunya berjudul “BBI BBI”, yang ditulis oleh penulis lagu Lee Jong Hoon. Setelah mendengar tuduhan itu, sang produser angkat bicara di Instagram memberikan tanggapannya.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Dia dengan tegas mengambil tanggung jawab atas lagu tersebut dan menyerukan tuduhan yang dilaporkan oleh sosok non-selebriti itu melawan orang yang salah. Dia menunjukkan bahwa maksud dari tuduhan itu jelas-jelas dilakukan untuk mencoreng nama baik IU. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Halo. Ini adalah penulis lagu Lee Jong Hoon. Saya menemukan sebuah artikel yang mengatakan "BBI BBI", yang saya tulis, diajukan untuk plagiarisme. Pertama, saya merasa tidak enak karena mereka memilih target yang salah untuk tuduhan plagiarisme. Hak cipta (kekayaan intelektual) milik penulis lagu dan bukan penyanyi. Bahkan jika Anda menuntut atau menuduh seseorang, Anda seharusnya mengajukannya kepada saya, sang penulis lagu," tulis sang produser, mengutip Koreaboo, Jumat 11 Mei 2023.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Menurut Lee Jong Hoon, laporan plagiarisme yang disebutkan di beberapa berita itu mengarah pada urusan pribadi. Sebagai penulis lagu yang tahu betul asal-usul ciptaannya, Lee Jong Hoon menduga bahwa laporan yang diajukan orang tersebut semata-mata hanya ingin menjatuhkan reputasi IU.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

"Kedua, plagiarisme adalah kejahatan tuduhan pribadi, dan setiap tuduhan atau tuntutan pihak ketiga tidak memiliki efek hukum. Saya pikir ini jelas menunjukkan bahwa itu hanya dimaksudkan untuk menggores reputasi artis daripada memiliki konsekuensi hukum," ujarnya.

Sang produser menegaskan bahwa ia adalah penulis asli lagu "BBI BBI" tanpa menjiplak dari sumber manapun. Selain itu, sang pelapor sebelumnya menyebutkan adanya kemiripan dari segi akord musik dengan beberapa lagu milik penyanyi lainnya. Namun, Lee Jong Hoon memastikan bahwa lagu yang ia buat memiliki keunikan sendiri yang belum pernah ada sebelumnya.

"Terakhir, saya mengerjakan “BBI BBI” dan tidak menjiplak apapun. Akibat menyimak video kompilasi YouTube yang mengklaim kemiripan dengan berbagai lagu, selain ciri khas genre musik hip-hop dan R&B, sebenarnya Anda bisa melihat perbedaan dan keunikan dari progresi akord, set-up lagu, dan instrumen dan aspek pengaturan lainnya," kata sang produser.

Untuk mengetahui masalah tuduhan plagiarisme ini lebih lanjut, Lee Jong Hoon telah berkomunikasi dengan EDAM Entertainmeng untuk mengetahui detail laporan yang diajukan oleh pelapor. Akan tetapi, pihak agensi tidak memberikannya izin. 

Apabila laporan tersebut akan diproses lebih lanjut oleh pihak kepolisian, Lee Jong Hoon menyatakan bersedia untuk berpartisipasi dan membela IU.

IU atau Lee Jieun

Photo :
  • instagram @dlwlrma

"Setelah itu, jika diperlukan, saya akan dengan senang hati melakukan penjelasan dan berpartisipasi dalam proses hukum untuk meluruskan kesalahpahaman dan memperbaiki situasi," ujarnya.

"Ini tidak hanya berasal dari tekad kuat saya untuk melindungi ciptaan saya sendiri tetapi juga untuk membantu lingkungan kreatif dari penulis lagu lain yang ada berkembang dengan cara yang lebih diinginkan," tandasnya.

Hingga kini, pihak agensi yang menaungi IU masih berusaha menyelidiki asal-usul laporan yang menyebutkan bahwa sang artis melakukan plagiarisme itu. Namun, agensi juga belum mendapatkan panggilan apapun dari tim penyidik soal kasus ini.

Sehingga mereka menduga laporan yang ramai diberitakan itu hanya sebagai usaha menjatuhkan reputasi IU semata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya