Ahli Ungkap Deretan Lagu yang Paling Sering Didengar oleh Siswa dengan IPK Tinggi, Lagu Siapa Saja?

Taylor Swift.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Showbiz – Kamu suka mendengar musik, khususnya saat belajar? Jika ya, lagu apa yang sering kamu dengarkan? 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Nah, jika sebelumnya ilmuwan telah mengungkapkan fakta bahwa mendengar lagu saat belajar bisa tingkatkan konsentrasi, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan lagu-lagu yang ternyata sering didengar oleh siswa dengan IQ yang tinggi. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh College Rover, alat informasi siswa-orang tua untuk perguruan tinggi, menemukan bahwa penyanyi dan penulis lagu Amerika Taylor Swift adalah artis top yang sering didengarkan oleh siswa dengan IPK tertinggi. 

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Ilustrasi dosen dan mahasiswa | Foto Istimewa

Photo :
  • U-Report

Studi ini dilakukan dengan mensurvei 1.025 siswa berusia 18 hingga 23 tahun tentang soundtrack studi mereka dan dengan menganalisis lagu di API Spotify untuk menemukan musik mana yang berkorelasi dengan prestasi akademik yang lebih tinggi, melansir laman New York Post, Jumat, 28 Juli 2023.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Hasilnya, Swift menjadi artis favorit mahasiswa dengan IPK tinggi 3,5 hingga 4,0, sebanyak 30% responden, diikuti oleh The Weeknd dengan 29%, dan SZA dengan 26%. 

Demikian pula, untuk siswa laki-laki, The Weeknd memuncaki artis favorit mereka untuk belajar dengan 35%, diikuti oleh 21 Savage, Kendrick Lamar, dan Drake, semuanya dengan 28%. 

Selain itu, alasan utama siswa mendengarkan musik saat belajar adalah "agar belajar lebih menyenangkan" dan "untuk bersantai dan mengurangi stres". 

Musik pop juga menjadi genre yang paling banyak didengarkan saat belajar, diikuti oleh Lo-fi dan Hip-Hop/Rap. Namun, bagi mereka yang memiliki IPK tinggi, musik Klasik diikuti Instrumental dan Indie adalah genre pilihan mereka. 

Pada akhirnya, studi tersebut memperhitungkan tempo (BPM) lagu sebagai kontributor besar untuk mendengarkan musik saat belajar, menyatakan bahwa sebagian besar lagu yang ditemukan di playlist studi Spotify berada dalam tempo sedang, "membantu siswa belajar tanpa godaan tertidur, atau memulai pesta dansa.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya