Usai Once Mekel, Giliran Ari Lasso Dilarang Bawakan Lagu Penjaga Hati Milik Piyu Padi

Ari Lasso
Sumber :
  • Instagram @ari_lasso

VIVA Showbiz – Perkara royalti lagu nampaknya tak pernah usai bagi para musisi di Indonesia. Usai masalah royalti lagu Dewa 19 sempat memicu perseteruan Ahmad Dhani dan Once Mekel, kini giliran Piyu Padi yang melarang Ari Lasso membawakan lagu karyanya. Ada apa?

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Gitaris band Padi itu mengaku melarang mantan vokalis Dewa 19 itu membawakan lagu yang berjudul Penjaga Hati. Lagu karya Piyu itu berada di bawah naungan label Aquarius Musikindo, pada 2001 dan kini tak diperbolehkannya lagi untuk dinyanyikan. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Padahal, lagu itu yang sempat membawa kesuksesan Ari Lasso sebagai salah satu solois pria di panggung musik Indonesia usai keluar dari Dewa 19. Sayangnya, Piyu Padi mengaku enggan membiarkan lagu karyanya itu dinyanyikan oleh Ari Lasso pada tahun 2023 ini. Ternyata, alasannya sederhana, karena royalti yang didapat tak sepadan.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

"Jadi untuk apa membawakan lagu itu? Toh aku enggak dapat apa-apa. Karena udah gak ada manfaat ekonominya buat aku," ujar Piyu dikutip dari Youtube, Sabtu 2 September 2023. 

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Cuplikan video di Youtube itu menampilkan Piyu yang juga sedang berbincang masalah royalti dengan Ahmad Dhani. Sebagai sesama musisi, gitaris asal Surabaya ini mengaku bahwa pendapatan royalti untuk karyanya tersebut sangat kecil.

"Dari awal, royalti (lagu) Penjaga Hati itu cuma Rp130.000," aku Piyu blak-blakan.

Ada pun, royalti merujuk pada penghasilan yang akan diterima oleh pemegang hak kekayaan intelektual, dalam hal ini pencipta lagu, dari pihak lain yang menggunakan atau memanfaatkannya sesuai kebijakan. Untuk pembayaran royalti itu diatur dalam kebijakan berupa Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014. 

Namun, Piyu merasa kebijakan tersebut belum mampu memberinya keuntungan yang sebanding dengan karya buatannya. Piyu mengklaim kemungkinan ketimpangan antara pihak event organizer dalam melaporkan LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) ke Kemenkumham. Kendati begitu, Piyu menjelaskan bahwa larangannya pada Ari Lasso dilakukan dengan santai.

"Aku itu simpel, Dan (Ahmad Dhani), ngomongnya cuman ngene tok. 'So (Ari Lasso), kon gausah bawain lagu Penjaga Hati lagi ya'," kenang musisi berusia 50 tahun itu.

Piyu Padi

Photo :
  • IG @piyu_logy

Sebelumnya, Once Mekel dan Ahmad Dhani akhirnya bertemu usai ramai mengenai royalti atas lagu-lagu yang diciptakan dan dinyanyikan. Dalam kesempatan tersebut, Once Mekel bahkan berjanji tak akan lagi menyanyikan lagu Dewa 19 ciptaan Ahmad Dhani.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Kuningan, Jakarta, Once Mekel menegaskan bahwa tak ingin ada lagi konflik antara dirinya dan Ahmad Dhani. Untuk itu, Once Mekel menegaskan tak akan menyanyikan lagi lagu Ahmad Dhani dalam batas waktu yang tak ditentukan.

"Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa untuk jangka waktu yang tidak ditentukan," kata Once Mekel, dikutip dari cuplikan video di Tiktok, Selasa 18 April 2023.

Lebih dalam, pelantun Dealova itu menegaskan bahwa keputusannya itu tak berdasarkan hukum dari larangan Ahmad Dhani. Namun, Once menuturkan bahwa keputusan itu dibuat demi menjalin kembali hubungan baik dengan Ahmad Dhani.

"Saya kira itu bukan dalam rangka penerapan suatu hukum yang positif yang ada ya. Ini hanya urusan pribadi saja. Kalau dari hukum positif kita, sampai hari ini tidak ada larang-melarang itu, tidak bisa melarang itu," beber Once.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya