Selain T Koes, Keluarga Juga Larang Musisi Lain Nyanyi Lagu Koes Plus

Poster film Koes Plus.
Sumber :
  • Falcon Pictures

VIVA Showbiz – Karya band lawas Koes Plus dilarang untuk dinyanyikan dan dibawakan oleh band-band atau grup musik lain di Indonesia. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga besar yang menyatakan telah melarang karya Koes Plus dinyanyikan oleh band pelestari, T Koes, atau pun band lainnya tanpa memandang bulu.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

"Kami tidak tebang pilih. Hal ini kami lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua, serta khususnya band-band pelestari di manapun berada di seluruh Indonesia," ujar Sari Koeswoyo mewakili Yon Koeswoyo, dikutip dari unggahan di akun Instagram David Koeswoyo, Jumat 22 September 2023. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Larangan membawakan lagu band yang dibentuk pada tahun 1968 silam itu diberlakukan sejak Jumat, 22 September 2023. Ada pun, pihak keluarga besar yang memberi keputusan antara lain David Koeswoyo mewakili kel Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili kel Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, serta Sari Koeswoyo.

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

“Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koes Plus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus," tambah Sari Koeswoyo.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Lebih dalam, Sari mengimbau agar grup musik serta musisi lain memahami makna akan karya cipta milik orang lain. Untuk itu, keputusan melarang karya cipta band Koes Plus termasuk di semua kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk komersil maupun non komersil.

"(Melarang) segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk apapun baik komersil maupun non komersil," ungkap Sari Koeswoyo.

Ada pun, band lawas Koes Plus memiliki deret karya luar biasa yang membuatnya begitu populer di Indonesia. Hal ini membuat band T Koes, sebagai penggemar karya Koes Plus, menyanyikan lagu-lagunya dengan tujuan melestarikannya. Namun, sebagai anak Yon Koeswoyo, David Koeswoyo merasa bahwa sikap band pelestari itu tak sesuai adab dan etika terkait menyanyikan karya orang lain.

"Kami bangga dengan band pelestari yang memiliki adab yang baik, tau etika, dan paham aturan," tulis David Koeswoyo dalam kolom komentar di Instagramnya.

Netizen pun ramai mengomentari keputusan dari keluarga besar Koes Plus. Banyak yang menyayangkan sikap ini karena menganggap bahwa karya Koes Plus justru dapat dilestarikan oleh 'penerusnya'. Namun, netizen lain pun setuju bahwa larangan ini sebagai bentuk penghormatan agar karya cipta orang lain dibawakan dengan adab dan etika.

"ini bicara adab bung. Kalau mereka (T Koes) punya etika gak mungkin terjadi hal ini," sahut netizen.

"Betul itu. Harus di tindak tegas..soalnya sudah sehat yg namanya musisi baru membawakan lagu band lain, seharusnya berkarya ya bikin karya sendiri," imbuh akun lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya