HUT ke-35, Purwa Caraka Music Studio Gelar Youth Friendship Festival 2023 di Bali

Purwa Caraka Music Studio gelar Youth Friendship Festival 2023 di Bali
Sumber :
  • ist

BALIPurwa Caraka Music Studio merayakan HUT ke-35 tahun ini bersama dengan siswa siswi musik dan tari dari berbagai negara di Bali. Purwa Caraka Music Studio berkolaborasi dengan Transinex Singapore menyelenggarakan sebuah ajang internasional bertajuk Youth Friendship Festival yang merupakan kegiatan festival seni dan budaya.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Ada pun gelaran tersebut telah rutin diselenggarakan di beberapa negara di setiap tahunnya, dan tahun 2023 ini Youth Friendship Festival (YFF) berhasil “dibawa” ke Indonesia atas inisiasi Purwa Caraka Music Studio. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Pada HUT yang ke-35 ini, Purwa Caraka Music Studio ingin lebih mengajak siswa siswi Purwa Caraka Music Studio untuk dapat lebih berkiprah di Festival atau kompetisi yang bertaraf internasional sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia kepada siswa siswi musik yang berasal dari berbagai negara.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Purwa Caraka Music Studio gelar Youth Friendship Festival 2023 di Bali

Photo :
  • Ist

Ke depannya, Purwa Caraka Music Studio berkomitmen untuk bisa kembali mengadakan kegiatan kegiatan yang bersifat internasional, sehingga wawasan Pendidikan musik di Indonesia, khususnya siswa siswi Purwa Caraka Music Studio dapat mengambil manfaat yang baik dari acara acara yang serupa.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Youth Friendship Festival merupakan rangkaian kegiatan dimana para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan bakat serta keterampilan mereka dalam bidang kesenian dan juga budaya, baik itu musik ataupun dance/tarian.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan keharmonisan, perdamaian, dan persahabatan global antar peserta yang berasal dari berbagai Negara melalui pertukaran budaya yang beragam dan festival pertunjukan seni.

Purwa Caraka Music Studio gelar Youth Friendship Festival 2023 di Bali

Photo :
  • ist

YFF 2023 diselenggarakan di Griya Agung Ballroom Prime Plaza Hotel Sanur Bali mulai dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 173 anak/remaja yang berasal dari berbagai Negara seperti Indonesia, Turkey, USA, Vietnam, Cambodia dan Philipines.

Youth Friendship Festival diselenggarakan dengan 2 kategori kompetisi, yaitu:

  • Kategori Musik
  • Kategori Dance

Kategori musik diselenggarakan pada tanggal 29 & 30 September 2023 dengan total penampilan sebanyak 153 peserta dalam berbagai bentuk penampilan seperti, solo performance maupun grup performance.

Pada acara penutupan tanggal 30 September 2023, para peserta meraih award sesuai dengan penilaian dewan juri yang bertugas saat itu, pada kategori musik ada 4 dewan juri yang memberikan penilaian yaitu, Ms. Adeline Lim (Singapore), Mr. Bin Wei Goh (Malaysia), Ms. Chu Hai Ly (Vietnam) dan Mr. So Srornos (Cambodia).

Sistem penilain pada ajang ini merupakan awarding dimana para peserta akan mendapatkan medali perunggu, perak dan emas. Selain award yang diberikan, tetap diberikan penghargaan khusus bagi 4 penampilan terbaik dalam festival tersebut.

Pada kategori musik peserta dari Indonesia meraih hasil yang sangat membanggakan. Dimana 3 dari 4 penampilan teratas diraih oleh peserta yang berasal dari Indonesia.

Grand Champion diraih oleh Benaya Heumasse (Indonesia) dengan penampilan solo drum

1st Runner Up diraih oleh Ni Luh Made Vikhanaswari (Indonesia) dengan penampilan solo violin

2nd Runner Up diraih oleh Dang Tran Dang Phuong (Vietnam) dengan penampilan solo piano

Gold With Distinction diraih oleh Yohana Yosefa Sitorus (Indonesia) penampilan solo vokal.

Kategori Dance diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2023, juri pada kategori dance adalah Mr. Gregory Aaron (Philipines), Mrs Seema Kapoor (India) dan Mr. Luu Hoang Truong (Vietnam) di kategori dance posisi grand champion diraih oleh grup dance berasal dari Philipines.

Dalam rangkaian acara opening ceremony YFF 2023 para peserta dan delegasi yang hadir disuguhkan dengan penampilan tari pendet tradisional Bali dilengkapi dengan instrument pengiring gamelan Bali dan juga pertunjukan seni tradisional dari Ulis School Vietnam.

Ir. Purwa Tjaraka pun selaku Guest Of Honor dalam event ini memberikan sambutan kepada seluruh delegasi yang hadir.

“Selamat datang di Bali, selamat menikmati berbagai keindahan pulau ini mulai dari Pantai, Kuliner, Budaya dan banyak hal menarik lainnya yang tidak akan membuat anda merasa boring selama berada di Pulau yang Indah ini,” ucap kang Purwa dalam sambutannya.

“Semoga YFF 2023 menjadi ajang untuk menciptakan persahabatan global lintas negara bagi para seluruh partisipan dan menjadi manfaat serta memori yang baik untuk masa mendatang,”.

Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan kegiatan workshop yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan pengembangan yang dapat bermanfaat berupa pengenalan Instrument tradisional Bali yang dipimpin oleh Bpk Purwa Tjaraka dan juga materi workshop lainnya berupa “how To Present Yourself on Stage” yang disampaikan oleh Aditya Purwa Putera selaku Artistic Director pada YFF 2023.

Untuk kategori tari, workshop berupa ballet masterclass bersama Mr. Gregory Aaron dan juga mengenal tari tradisional India bersama Mrs. Seena Kapoor.

Kami harap kegiatan seperti ini dapat menciptakan harmoni dan perdamaian ditengah perbedaan yang ada. Serta bisa membawa manfaat serta memori baik untuk para peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya