Remake Lagu Setia Milik Chrisye yang Melegenda, Dikta Santuy Gak Terbebani Opini Publik

Dikta
Sumber :
  • Instagram @dikta

JAKARTA – Pradikta Wicaksono alias Dikta kembali dengan karya lagu terbarunya berjudul Setia. Tepat pada 28 Februari 2024, Dikta resmi merilis ulang single Setia yang juga merupakan ciptaan dari musisi kenamaan Guruh Soekarnoputra sekaligus pertama kali dirilis oleh Almarhum Chrisye pada 2001 silam.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Bagi Dikta, Chrisye bukan sekadar penyanyi legendaris Tanah Air yang sudah melahirkan banyak karya populer, tetapi Chrisye juga sangat berpengaruh dalam karier bermusiknya. Tak jarang, Dikta meng-cover lagu milik Chrisye saat tampil di atas panggung. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Saya tumbuh dan besar lewat lagu lagu om Chrisye. Kalau manggung sering bawain lagu om Chrisye, lagu Anak Sekolah," kata Dikta, saat ditemui di kawasan Kebon Melati, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Mendiang Chrisye semasa hidup.

Photo :

Dikta menyadari bukan hanya satu atau dua kali membawakan lagu Chrisye di atas panggung. Saking sukanya, ia sampai memberanikan diri untuk remake lagu berjudul Setia ini. Dengan mendaur ulang lagu Setia, Dikta berharap bisa menjadi sebuah penghormatan dan hadiah untuk Chrisye agar namanya kembali populer di kalangan Gen Z.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

"Kayaknya ini kita bawain lagunya kok ada beban ya. Kayak nggak fair kita nggak bisa bikin sesuatu buat om Chrisye," jelas Dikta.

Dikta pun tidak mau ambil pusing dengan bagaimana nantinya opini publik terhadap lagu Chrisye yang ia nyanyikan ulang. Sebagaimana diketahui, nama Chrisye sudah sangat melegenda di industri musik Tanah Air. Sebagai orang yang mendaur ulang lagunya, Dikta tentu harus menjaga kehormatan Chrisye.

Namun bagi mantan kekasih Chef Renatta Moeloek itu, mendaur ulang lagu Chrisye ini bukanlah sebuah kompetisi di mana ia harus menang atau kalah terhadap sesuatu.

"Nggak (takut opini jelek), karena tujuan saya di sini bukan kompetisi ya. Ketika saya mau remake lagu Almarhum Chrisye saya mau mengenalkan lagu ini ke orang-orang, mau lagu ini dikenal orang dan tetap didengar," jelasnya.

Menurut Dikta, ada warna dan pesan baru yang ia coba tawarkan lewat menyanyikan kembali lagu tersebut. Bila dulu Chrisye menyanyikannya dengan nuansa retro yang amat kental dari segi produksi musik, kini Dikta hadir dan berusaha membawakan sebaik mungkin dengan versi dirinya yang fresh tanpa mengurangi nilai dari lagu. Ia juga enggan merombak banyak bagian lagu dan mempertahankan benang merah pada lagu Setia agar tetap bisa dinikmati oleh siapa saja.

"Musik dari lagu Setia ini lebih pengen dibawa ke arah anak sekarang ala Gen Z. Saya juga bekerja sama dengan salah satu music maker berbakat, Fadlan. Dia punya ide yang fresh, pilihan sound dan taste dia juga oke banget," jelas Dikta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya