123, Lagu Terbaru Ravi Andika yang Menyajikan Perspektif Baru tentang Jatuh Cinta

Ravi Andika
Sumber :
  • ist

VIVA – Pada 14 Februari 2024, Ravi Andika meluncurkan karyanya yang terbaru dengan judul "123" secara serentak dan eksklusif di 123 radio di seluruh Indonesia. Kemudian, pada 1 Maret 2024, Ravi Andika kembali merilis single "123" secara luas di berbagai Platform Streaming Digital. Selain perilisan audio, video lirik dari single ini juga telah diunggah di kanal resmi Youtube miliknya, @raviandika.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Ravi Andika menampilkan kreativitasnya dalam pembuatan single ini, baik sebagai penulis lagu maupun produser. Dalam proses penggarapannya, Putra Prastyo (Closehead) turut berperan sebagai produser pendamping, sedangkan Saprol (Closehead) menyumbangkan kepiawaiannya dalam mengisi trek gitar pada karya ini. Scroll lebih lanjut ya.

"123" mengisahkan tentang pengalaman jatuh cinta, namun disajikan melalui sudut pandang yang unik. Ravi Andika menyampaikan bahwa meskipun jatuh cinta terasa menyenangkan, namun kenyataannya jauh dari kesederhanaan hitungan 1, 2, dan 3. Ia menjelaskan konsep lagu tersebut dengan penuh antusiasme.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Keunikan Ravi Andika terletak pada kemampuannya untuk menghindari jebakan stereotipikal dalam penulisan lirik. Meskipun temanya berkisar pada cinta, Ravi Andika mampu menyajikannya melalui perspektif yang segar dan berbeda. Eksplorasi dalam single ini begitu terasa, terutama dalam pemilihan sound dan aransemen yang kuat dipengaruhi oleh nuansa synthwave era 80an, namun tetap diperbarui dengan sentuhan modern dalam tata suara.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Meski menjelajahi berbagai genre musik, notasi yang dihadirkan oleh Ravi Andika tetap mempertahankan karakternya yang ringan, mudah dicerna, dan tidak membutuhkan usaha ekstra untuk dinikmati. Pemilihan konsep video lirik dengan visual 8-bit menjadi pilihan yang cerdas, memvisualisasikan harmoni yang selaras antara musik dan tampilan grafis. Nuansa synthwave 80an yang dipadukan dengan elemen visual ala 8-bit gaming console memberikan sentuhan nostalgia bagi mereka yang mengenang era 80an, sementara tetap memberikan pengalaman audio visual yang segar bagi generasi yang lebih muda.

Ravi Andika

Photo :
  • dok pri

Selain menggali tema cinta, single ini juga menemukan relevansi dengan momen Pilpres yang bersandingan. Ravi Andika mengaitkan pengalaman jatuh cinta dengan pilihan, janji, dan komitmen—tiga aspek besar yang juga menjadi pertimbangan penting saat memilih seorang pemimpin. Dalam konteks Pilpres, tema ini menemukan paralel dengan tiga pilihan yang dihadirkan dalam single "123."

"123" tidak hanya menjadi pencapaian baru dalam perjalanan musik Ravi Andika tetapi juga berfungsi sebagai pintu gerbang untuk album selanjutnya yang berjudul "Interval," yang direncanakan akan dirilis pada tahun 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya