Reality Club Pilih Batal Manggung di SXSW Demi Bela Palestina

Reality Club
Sumber :
  • Instagram @realityclub

Jakarta – Band Reality Club telah membuat keputusan berani untuk membatalkan penampilannya dari festival musik South by Southwest Music Festival (SXSW) sebagai bentuk protes terhadap keterlibatan Angkatan Darat AS sebagai sponsor utama acara tersebut, yang dinilai terlibat dalam konflik di Palestina

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Keputusan ini diumumkan melalui pengumuman resmi pada Kamis, 14 Maret 2024. Dalam pengumuman tersebut, Reality Club menyatakan bahwa mereka baru mengetahui bahwa Angkatan Darat AS menjadi sponsor utama SXSW. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Reality Club.

Photo :
  • Instagram @realityclub
Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

"Sehubungan dengan informasi baru bagi kami mengenai Angkatan Darat AS yang menjadi sponsor utama SXSW dan partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina, kami telah memutuskan untuk batal tampil dari SXSW," tulis Reality Club dalam pengumuman resmi mereka yang dikutip pada Jumat, 15 Maret 2024. 

Batalnya penampilan Reality Club ini membuatnya menjadi dua kali gagal tampil di SXSW. Pertama kali terjadi pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19, dan kali ini karena alasan politis dan etis terkait dengan situasi di Palestina. Mereka menegaskan bahwa mereka tidak ingin namanya terkait dengan organisasi yang terlibat dalam apa yang mereka sebut sebagai genosida

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

"Kami menolak untuk dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina," tambah mereka..

Reality Club

Photo :
  • Instagram @realityclub

Sebagai band asal Indonesia, Reality Club telah menjadi salah satu perwakilan yang diharapkan tampil di SXSW 2024. Mereka sebelumnya dijadwalkan untuk tampil di acara bertajuk FRIENDS:FOREVER, yang merupakan salah satu acara Asia terbesar dalam sejarah SXSW.

Setelah memutuskan untuk tidak tampil di SXSW, Reality Club berencana untuk melanjutkan tur mereka di Amerika yang awalnya direncanakan sebelum festival tersebut. Meskipun keputusan ini mungkin mengecewakan banyak penggemar, band ini meminta pengertian dan dukungan mereka atas keputusan yang telah diambil.

Komentar Netizen

Keputusan yang diambil oleh Reality Club tersebut pun mendapat pandangan positif dari netizen di media sosial. Banyak yang memuji tindakan yang dilakukan band tersebut. 

“Nah, ini yang namanya SIKAP! It’s not about big stage, but FAITH IN HUMANITY. RESPECT AND PROUD OF YOU, GUYS!”

“Reality Club, R-nya apa? RESPECT.”

“uang bisa dicari, genosida harus segera di basmi dari muka bumi, terimakasih reality club, respect, semoga sikap mulia ini dapat menambah awareness bagi saudara saudara kita yang hanya diam, big respect and love you so much guys, semoga rezeki dan kesempatan digantikan dengan yang lebih besar, huge.”

“Keren reality club.”

“omg guys... ???? you did the right thing! bangga banget…”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya