Heboh Penyanyi Rusia Diduga Plagiat Lagu Hit Korea

Albina dan Taeyang
Sumber :
  • Soompi

VIVA.co.id – Sesama musisi kerap kali saling menginspirasi satu sama lain. Tak heran jika kasus dugaan plagiarisme sering terjadi di industri musik tersebut.

Dituding Plagiat, Prof Kumba Digdowiseiso: Itu Tidak Benar, Siap Ikuti Pemeriksaan!

Terbaru, seorang penyanyi asal Rusia bernama Albina belum lama ini menjadi bahan perbincangan. lagu yang diunggahnya di YouTube 28 Desember 2016 lalu ini diduga memiliki banyak kemiripan dengan lagu milik penyanyi solo yang juga anggota boyband BIGBANG, Taeyang.

Lagu berjudul I Love You tersebut punya nada yang sangat mirip dengan lagu populer Taeyang berjudul Eyes, Nose, Lips yang jauh lebih dahulu dirilis pada tahun 2014. YG Entertainment pun langsung melaporkan video tersebut atas tuduhan pelanggaran hak cipta.

Dituding Plagiat, Prof Kumba Mengundurkan Diri Sebagai Dekan FEB Unas

Namun dilansir Soompi, Albina mengunggah ulang videonya ke Rutube, layanan streaming video di Rusia. Netizen dan penggemar K-Pop pun meradang. Selain menghujatnya, sejumlah fans membuat video perbandingan untuk menemukan bagian-bagian yang terdengar sangat mirip tersebut.

Menariknya, dalam sebuah wawancara, Albina menyangkal jika ia melakukan plagiat.

Big Hit Music Bantah Tuduhan Lagu Seven Milik Jungkook BTS Disebut Plagiat

"Lagu itu tidak mirip dengan milikku. Sepertinya dia artis baru, aku tidak pernah tahu artis ini," ujarnya seperti dilansir Allkpop.

Ia pun menantang untuk membuktikannya di pengadilan.

"Aku berpikir Pengadilan bisa memutuskan apakah dua lagu ini memiliki kemiripan atau tidak. Dan jika seseorang berpikir aku salah, dia bisa menuntutku. Setelah itu Pengadilan akan memutuskan segalanya," tambah Albina.

Tidak hanya milik Taeyang, netizen di Korea juga menemukan kemiripan lagu Albina lainnya dengan lagu boyband asal Korea, VIXX LR, yang berjudul Beautiful Liar.

"Lagu ini diduga dia curi dari VIXX. Ini karena lagu miliknya terdengar mirip dengan lagu Beautiful Liar VIXX LR," ujar seorang netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya