HUT Dekranas ke-43 di Medan, Wirausaha Baru Tercipta Perajin Berjaya

Syukuran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke-43 di Kota Medan
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Mewakili Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor, Wakil Ketua Dekranasda Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi hadir dalam Syukuran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke-43 di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023).

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Syukuran HUT Ke-43 Dekranas digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention di Jalan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/5/2023).

Acara dihadiri Pembina Dekranas yang juga Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo, Ketua Dekranas Wury Ma'ruf Amin, Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian, Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua Dekranasda Kota Medan Kahyang Ayu Bobby Afif Nasution.

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

“Harapan kita di usia yang semakin bertambah, Dekranas dan Dekranasda semakin produktif dan semakin memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan ekonomi Indonesia,” kata Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi usai acara yang dihadiri tidak kurang dari 1.946 undangan tersebut.

Kehadiran Dekranas dan Dekranasda kata Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi harus mampu mendukung kemandirian ekonomi nasional dan mengangkat kesejahteraan para perajin.

Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 3 Miliar Gelar Safari Ramadhan 2024 di Bontang

“Hasil kerajinan tenun dan kriya kita harus berkelanjutan, berdaya saing, berbasis warisan tradisi bangsa agar semakin diminati masyarakat, baik dalam maupun luar negeri,” beber istri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi itu.

Satu hal yang harus menjadi perhatian bersama ke depan adalah regerasi perajin. Karena umumnya, generasi muda dewasa ini kurang berminat untuk menekuni profesi sebagai perajin tenun dan kriya.

“Sesuai semangat dan tema peringatan tahun ini, yakni Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya. Tugas kita meyakinkan generasi muda agar tidak ragu melanjutkan warisan budaya bangsa dengan menjadi perajin modern yang andal,” tandasnya.

Acara syukuran juga dimeriahkan berbagai tampilan seni budaya Indonesia disertai fashion show berbagai desain dan motif produk kain tradisional nusantara. Ballroom Santika Premiere Dyandra Hotel makin bersemangat dengan kehadiran penyanyi terkenal Indonesia, Ari Lasso yang sukses menghipnotis Ibu Negara Iriana Jokowi dan ribuan anggota Dekranas dan Dekranasda dengan sejumlah tembang andalannya, seperti Kangen, Hampa, Misteri Ilahi, dan lainnya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga berkenan mengunjungi Pameran Dekranasda Seluruh Indonesia di Lapangan Benteng, Medan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya