Logo DW

Jerman Pertimbangkan Bantuan Dana COVID-19 untuk Negara-negara Miskin

picture-alliance/Flashpic/J. Krick
picture-alliance/Flashpic/J. Krick
Sumber :
  • dw

Jerman akan memberikan bantuan dana untuk negara-negara miskin yang tengah berjuang untuk pulih dari hantaman pandemi virus corona. Dana sekitar € 3 miliar atau sekitar Rp 48 triliun dialokasikan untuk masing-masing negara. Hal ini diputuskan pada Rabu (17/06).

“Kami membantu untuk memerangi kondisi ekonomi yang melemah di negara-negara berkembang dan kelaparan,” terang Menteri Pembangunan Gerd Müller dari Partai Persatuan Sosial Kristen (CSU) kepada surat kabar Augsburger Allgemeine. “Jerman memenuhi tanggung jawabnya di dunia.”

Secara umum, anggota Bundestag mendukung keputusan ini, tetapi sebagian besar mengupayakan jumlah bantuan yang lebih besar. Mereka bisa mengajukan usulan pergantian keputusan kepada pemerintah dalam sidang parlemen yang diselenggarakan hari ini, Jumat (19/06).

Lima proposal telah dibuat, satu dari koalisi Partai CSU, yakni Partai Kristen Demokrat (CDU) bersama Partai Sosial Demokrat (SPD), dan empat lainnya berasal dari kubu oposisi: partai hijau, partai haluan kiri, Partai FDP (partai haluan liberal demokrat), dan Partai Alternatif untuk Jerman (AfD).

“Sementara, di Eropa kami bisa memberikan bantuan keuangan signifikan untuk meningkatkan ekonomi lokal, namun untuk negara-negara berkembang belum tentu mungkin,” ujar anggota parlemen dari CDU Georg Kippels kepada DW.

“Kehidupan orang-orang sangat berisiko di sana,” katanya, “dan ini adalah tantangan besar.” Kippels mengatakan jutaan orang kehilangan pekerjaan karena kebijakan lockdown dan banyak petani yang dilarang bekerja di ladang pertanian mereka.

PBB memprediksi sebanyak 30 juta orang di Afrika akan mengalami kemiskinan akibat dari pandemi virus corona. Pada April lalu, Kementerian Pembangunan Jerman merealokasi dana untuk program bantuan keuangan ini.