Logo DW

Pembunuh Berantai Legendaris ‘Golden State Killer’ Asal AS Mengaku Bersalah

picture-alliance/ZumaPress
picture-alliance/ZumaPress
Sumber :
  • dw

Lebih dari tiga dekade lalu serangkaian peristiwa pembunuhan berantai dan pemerkosaan membuat gentar publik California, Amerika Serikat. Selalu berhasil melarikan diri, pembunuh dan pemerkosa misterius ini dijuluki Golden State Killer.

Kini, Joseph James DeAngelo, laki-laki yang didakwa melakukan pembunuhan berantai tersebut telah berusia 74 tahun. Di depan hakim, ia mengakui kesalahannya. Pria yang didakwa sebagai Golden State Killer ini mengaku telah melakukan 13 pembunuhan dan serangkaian tindak kekerasan lain di Sacramento.

Atas pertanyaan hakim di pengadilan, veteran perang Vietnam ini hanya menjawab singkat dengan kata-kata pendek seperti "ya", "tidak", "bersalah" dan "saya mengakui". Dia juga terlihat lemah. DeAngelo tampak mematuhi perjanjian ia buat sebelumnya dengan jaksa penuntut umum.

Kesepakatan itu dibuat agar jaksa tidak menuntutnya dengan tuntutan hukuman mati. Alih-alih, para jaksa berusaha menjerat mantan polisi ini dengan tuntutan sebelas kali hukuman penjara seumur hidup.

Selain pembunuhan 13 orang, DeAngelo juga didakwa memerkosa sekitar 50 perempuan. Korbannya berusia antara 14 hingga 41 tahun. Mantan petugas kepolisian yang diberhentikan dari pekerjaannya pada tahun 1979 karena kasus pencurian ini juga dikenai sejumlah dakwaan pencurian.

Perburuan selama beberapa dekade

Pada musim panas 1976, pencurian dan pemerkosaan meneror distrik timur Sacramento County. Saat itu, pembunuh misterius yang dijuluki Golden State Killer menerobos masuk ke rumah korbannya dengan membuka jendela atau pintu saat korban sedang tidur, ungkap FBI. Terkadang dia juga mengambil perhiasan, kartu identitas, dan uang tunai dari rumah korban.